Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Wow… Batu Akik ini Harganya 1 Miliar!

176
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Di acara ‘Demam Batu’ yang diadakan Kementerian Perindustrian hari ini, Selasa (21/4/2015). Banyak jenis batu yang di display menarik. Namun ada yang berbeda dari antara batu – batu yang dipamerkan hari itu. Ada batu akik bermotif banteng yang dijual dengan harga Rp 1 miliar.

“Harganya mahal karena batu ini sangat langka sekali. Begitu kami ditemukan, memang sudah ada motif kepala banteng di atasnya,” tandas Agung Setiawan, si pemilik batu akik unik, ketika ditemui pada hari itu.

Selain motifnya yang langka, ia pun mengungkapkan bahwa jenis batu berharga Rp 1 miliar itu, merupakan batu khas jenis batu kasidoni, yang hanya dapat ditemukan di Bantul. Ia merasa harga tersebut pantas untuk batu seunik itu dan langka.

Selain menjual batu berharga Rp 1 miliar, Agung pun membawa beberapa jenis batu lainnya. Salah satunya batu dengan motif huruf “J” yang juga dijual bersama dengan batu bermotif kepala banteng tersebut.

Agung juga menambahkan, komoditas batu perhiasan merupakan potensi ekonomi yang sangat besar di wilayahnya. Namun tingginya minat tersebut tidak di dukung oleh pemerintah setempat. Agung beranggapan, pemerintah Kabupaten Bantul masih belum tahu potensi batu mulia, meskipun usaha komoditas batu mineral ini tidak pernah berhenti sejak 100 tahun lalu digali.

Agung hanya bisa berharap, usaha batu mulia dapat dilirik pemerintah daerah. Karena menurutnya ini merupakan potensi ekonomi yang perlu dikembangkan. “Hasil dari penjualan kami dalam sebulan hanya di bawah Rp 10 juta, kalau pemerintah mau memfasilitasi, dari segi marketing-nya keluar Negeri, mungkin batu mineral bisa menjadi komoditas yang besar kedepannya,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: