Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Batu Akik, Kopi dan Batik Bakal Jadi ‘Buah Tangan’ Peserta KAA

175

SouvenirJakartakita.com – Pemerintah Indonesia akan memberikan ‘buah tangan’ pada seluruh negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, buah tangan bagi tamu-tamu VVIP itu menarik minat sejumlah pemerintah daerah untuk mempromosikan produknya. Pihak kementerian menerima usulan lebih dari 20 daerah yang menawarkan produknya untuk diberikan kepada para kepala negara dan kepala pemerintahan secara cuma-cuma.

“Macam-macam jenisnya ada yang batu akik, tenun, batik, sampai kopi. Tinggal nanti mencari yang dikemas dengan bagus. Yang lainnya saya lupa karena banyak sekali yang diusulkan,” ujar Arief, di arena Konferensi Asia Afrika 2015, Jakarta, Selasa (21/4/2015). Namun dari kesemuanya yang paling populer adalah batu akik.

Menurut Arief, batu akik yang akan dijadikan buah tangan adalah jenis akik Pancawarna dari Bandung. Souvenir itu berasal dari sumbangan pemerintah daerah yang ingin potensi batu mulianya dipromosikan lewat KAA.

Sedang untuk kopi yang diusulkan adalah kopi luwak, sementara batik hampir seluruh daerah menawarkan batik andalannya. Dari seluruh usulan itu, panitia akan memilih 10 jenis yang akan dijadikan sebagai souvenir resmi KAA.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: