Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Gusdur Kecil Diabadikan dalam Bentuk Patung di Menteng

61
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Setelah patung sosok Obama kecil yang berdiri dengan kokohnya di SDN 01 Besuki Menteng. Kini giliran patung tokoh nasional Indonesia yang menjadi penghias Menteng.

Sosok Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid dimunculkan kembali melalui wujud sebuah patung yang diresmikan di Taman Amir Hamzah, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (25/4/2015). Patung tersebut diberi nama Patung Gus Dur Kecil.

Gus Dur, sapaan Abdurrahman Wahid, ditampilkan dalam figur semasa dia masih kecil, tepatnya saat umur sembilan tahun.

Peresmian tersebut dilakukan bersama-sama dengan membuka selubung kain oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Sinta Nuriyah Wahid, Ketua Wahid Institut Yenny Wahid dan mantan Juru Bicara Gus Dur Wimar Witoelar.

Patung seberat 400 kilogram dari bahan perunggu buatan seniman instalasi Yani Mariani Sastranegara digagasa oleh Komodo Dragon Foundation.

Patung Gus Dur kecil ini digambarkan tengah membaca buku dengan tinggi 1,2 meter di atas penyangga berbahan batu candi setinggi 80 centimeter.

Taman Amir Hamzah dipilih karena mempunyai sejarah mengingat Gus Dur kecil sering bermain bola karena lokasinya yang dekat dengan rumah kakeknya, KH Hasyim Asyari yang kini menjadi Kantor Wahid Institut.

Seperti dilansir dari Antara, pendiri Komodo Dragon Foundation Ron Mullers mengatakan, pembuatan patung Gus Dur kecil digagas untuk menginspirasi anak-anak di Indonesia. Ia berharap, generasi muda bisa mencontoh perjuangan figur-figur tersebut. Ke depannya bakal ada tokoh-tokoh lain yang bakal dibuatkan patung di Menteng.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: