Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Indonesia Genjot Ekspor Kopi ke Midwest AS

46
Kopi Indonesia - ekspor
foto : istimewa

Jakartakita.com – Indonesia menargetkan peningkatan ekspor ke seluruh negara bagian Midwest Amerika Serikat, setelah ekspor kopi Indonesia pada 2014 lalu ke beberapa negara bagian AS mengalami peningkatan tajam.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, dari seluruh negara bagian di Midwest, impor kopi Indonesia terbesar dilakukan oleh negara bagian Minnesota, yaitu sebesar US$1,67 juta. Nilai impor tersebut meningkat sebesar 196,33% dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar US$562 ribu.

Sedangkan dari sisi peningkatannya, pertumbuhan impor kopi terbesar di seluruh negara bagian di Midwest terjadi di Michigan dengan peningkatan sebesar 727,02% dari 2013 ke 2014. Pada 2013, Michigan mengimpor kopi dari Indonesia sebanyak US$6.594 dan pada 2014 meningkat hingga mencapai US$54.534.

Adapun impor kopi Amerika Serikat secara total dari Indonesia mencapai US$323 juta atau meningkat sebesar 11,29% dari tahun sebelumnya.

Untuk melanjutkan tren pertumbuhan tersebut, pemerintah gencar melakukan promosi di beberapa kota di Amerika Serikat, seperti yang sebelumnya dilakukan melalui Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Seattle dan promosi kopi Indonesia di Chicago oleh Indonesian Trade Promotion Center (ITPC).

“Tujuannya untuk meningkatkan brand awareness dan pangsa pasar kopi di AS,” kata Konsul Jenderal Republik Indonesia Chicago, Adriana Supandy, Kamis (23/4) lalu.

Pameran yang diadakan di sejumlah kota di Amerika Serikat tersebut cukup efektif untuk meningkatkan ketertarikan konsumen di negara tersebut. Seperti pameran di Chicago, sebut Adriana, dihadiri banyak pengunjung mulai dari para roaster, pemilik coffee shop, pemerintah, asosiasi bisnis, akademisi, dan para pecinta kopi dari Chicago.

Menurutnya, strategi promosi yang dilakukan Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Perdagangan, adalah memfokuskan pada peningkatan kepedulian dari para stakeholders kopi di AS terhadap produk-produk Indonesia yang menurutnya sesuai dengan kaidah lingkungan, sosial, dan ekonomi (sustainable trade).

Kepala ITPC Chichago Wijayanto mengaku cukup optimis ekspor kopi Indonesia ke Amerika akan terus meroket seiring dengan semakin seringnya pengadaan acara promosi di sejumlah kota di beberapa negara bagian, karena selama ini promosi yang dilakukan cukup efektif dan langsung membidik sektor bisnis kopi, khususnya di wilayah Midwest seperti di Chicago. (Sumber : Bisnis.com)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: