Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ilmuwan Ciptakan Sikat Gigi Yang Bisa Identifikasi Penyakit Kanker dan Alzheimer

217
sikat gigi-dna-test
foto : istimewa

Jakartakita.com – Kreatifitas para ilmuwan dalam menyikapi perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, patut di acungi jempol. Misalnya saja, inovasi dalam hal mengidentifikasi penyakit kanker dan Alzheimer, yang saat ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan sikat gigi.

Tentu saja sikat gigi yang digunakan bukan sikat gigi yang biasa kita pakai sehari-hari untuk menggosok gigi saat mandi.

Sikat gigi canggih yang dikenalkan dengan nama Sequencer Nanopore ini, diklaim dapat menganalisa secara detail DNA seseorang. Hasil pemeriksaan tersebut diidentifikasi melalui piranti chip dan decode dalam format digital yang ada dalam sikat.

Proses pembacaan digital yang dilakukan oleh chip, disebut dengan sequencing, dapat melakukan penilaian berdasarkan penanda genetik yang pada umumnya ditunjukkan sebagai penyakit.

Para peneliti teknologi Oxfor Nonapore mengungkapkan, chip DNA sequencer nanopore yang baru dikembangkannya itu sebenarnya tidak hanya untuk sikat gigi. Dengan ukurannya yang kecil, membuat chip ini bisa dengan mudah disematkan pada perangkat apapun.

Clive Brown, Kepala Kantor Teknologi Oxford Nanopore, mengungkapkan, ”Perusahaan membuat detektor nanopore seukuran telapak tangan dan bisa diletakkan pada alat kesehatan lainnya untuk menjadi alat penginderaan yang mampu memantau kesehatan pengguna,” jelasnya.

Pada sikat gigi canggih Sequencer Nanopore chip ini dapat mendeteksi DNA, melalui sertachip yang berukuran 1,5 nanometer. Diklaim chip ini lebih tipis 80 ribu kali dibandingkan dengan rambut manusia.

Sistem kerja chip pada sikat gigi canggih ini akan mengubah arus aliran atom pada lubang sikat gigi menjadi sebuah sinyal listrik yang dibaca menjadi catatan digital. Demikian dilaporkan situs TheTimes, Minggu (26/4/2015) kemarin.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: