Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Skema Modal Ventura Sangat Cocok Bagi Industri Startup Company

204
permodalan - modal ventura
foto : istimewa

Jakartakita.com – Firdaus Djaelani, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK mengatakan, banyak perusahaan multinasional yang merintis bisnis dengan mengandalkan pembiayaan modal ventura. Google dan Facebook misalnya.

“Kalau kita lihat perusahaan di luar negeri, seperti Google dan Facebook awalnya dibiayai dari pendanaan ventura,” ujar Firdaus, disela-sela seminar Industri Modal Ventura OJK di Jakarta, Senin (27/4/2015).

Diakuinya, masalah permodalan kerap menjadi kendala. Keluhan mengenai sulitnya memperoleh pinjaman perbankan menjadi curahan hati yang biasa disampaikan para pengusaha, khususnya yang merintis usaha startup company.

Kecenderungan bank menerapkan syarat ketat dan rumit tidak jarang memaksa wirausaha digital ‘balik badan’ usai dipersulit perbankan.

namun demikian, menurutnya ada aternatif pembiayaan yang masih bisa ditempuh pengusaha startup sebelum ‘lempar handuk’, yakni mengajukan pinjaman modal kerja ke perusahaan modal ventura (PMV).

“Karena kalau mengajukan pinjaman ke bank, biasanya bank butuh track record usaha minimal tiga tahun. Maka dari itu skema modal ventura sangat cocok bagi industri usaha seperti startup company. Terutama di industri kreatif,” kata Firdaus.

Perusahaan Modal Ventura (Venture Capital Company) adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan/penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee Company) untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha. Biasanya jangka waktu pinjaman (tenor) yang ditawarkan sangat panjang, dan ini dinilai cocok bagi para pemula di dunia usaha.
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: