Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ilustrasi Penemu Piano, Hiasi Mesin Pencari Google Hari Ini

120

Google Doodle 4 Mei 2015Jakartakita.com – Ada yang tidak biasa dengan logo google hari ini. Tim Doodler yang biasa membuat tampilan logo Google tematik, hari ini mengangkat  hari kelahiran Bartolomeo Cristofori Sang Penemu Piano yang jatuh pada 4 Mei 1655.

Bartolomeo Cristofori awalnya berguru dan bekerja kepada Nikolo Amati, seorang pembuat biola terkenal. Pada tahun 1700, untuk pertama kalinya Cristofori membuat alat musik yang kemudian dikenal dengan nama piano.

Alat musik temuan Cristofori ini memiliki suara 4 oktaf. Seorang jurnalis bernama Scipione Maffei menggambarkan alat musik itu sebagai  papan tuts lembut yang bersuara keras. Semula alat musik ini disebut sebagai pianoforte, namun pada akhirnya lebih dikenal dengan nama piano.

Cristofori meninggal pada 27 Januari 1731 atau pada usia 76 tahun. Saat ini setidaknya masih ada 3 piano karya Cristofori yang masih bertahan dan disimpan di berbagai museum. Satu terdapat di Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat (buatan tahun 1720), satu di Museo Strumenti Musicali, Roma, Italia (buatan tahun 1722), dan satunya lagi di Musikinstrumen-Meseum of Leipzig University, Jerman (buatan tahun 1726).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: