Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Susah Tidur? Teknik Pernapasan 4-7-8 Ini Bisa Membuat Anda Tertidur Dalam 60 Detik

160

Teknik Pernapasan 4-7-8 Ini Bisa Membuat Anda Tertidur Dalam 60 DetikJakartakita.com – Apakah anda susah tidur? Selalu mengalami kecemasan sebelum tidur, atau menderita insomnia kronis?  Bahkan Anda sudah mencoba berbagai macam cara untuk  mengatasinya, dari menggunakan penutup mata , mengonsumsi obat-obatan, mandi air hangat, hingga menghitung domba, tapi tetap terjaga. Nah,  Anda bisa mencoba metode yang satu ini.

Seorang ilmuwan dari Amerika, dr. Andrew Weil, mengklaim telah menemukan sebuah teknik pernapasan tertentu yang dapat membuat penderita Insmonia dapat tidur hanya dalam waktu 60 detik.

Teknik ini dinamai dengan Teknik Pernapasan 4-7-8.  Secara garis besar merupakan solusi penenangan alami pada sistem saraf untuk menurunkan tingkat stres, sehingga membuat seseorang lebih mudah tidur.

Metode ini sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan obat atau peralatan khusus. Berikut tahap-tahap untuk melakukan teknik pernapasan ini:
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan teknik pernapasan ini adalah, meletakkan ujung lidah Anda menyentuh dinding mulut bagian atas, tepat dibelakang gigi bagian depan. Posisi lidah seperti ini, disyaratkan untuk tidak berubah selama proses latihan pernapasan berjalan.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuang napas sepenuhnya melalui mulut, dengan membentuk mulut seperti sedang meniup membuat suara “whoosh”.
  3. Setelah itu tutup mulut Anda dengan rapat, tarik napas panjang sampai dengan hitungan ke 4 (empat).
  4. Selanjutnya tahan napas sebanyak 7 (tujuh) hitungan.
  5. Setelah itu, keluarkan napas sepenuhnya melalui mulut dengan kembali membuat suara “whoosh” selama 8 (delapan) hitungan.
  6. Langkah 3 – 5 dihitung satu kali pernapasan, ulangi lagi langkah tersebut hingga 3 sampai 4 kali siklus pernapasan.

Dokter lulusan Harvard ini mengatakan bahwa teknik pernapasan 4-7-8 adalah teknik yang sangat kuat karena memungkinkan oksigen mengisi paru-paru kita dengan lebih baik. Oksigen tambahan bisa memberikan dampak menenangkan pada sistem saraf parasimpatetik yang menimbulkan keadaan tenang.

Teknik pernapasan ini, kini mulai banyak disarankan dan dipraktekkan di luar negeri khususnya Amerika Serikat, karena efeknya yang signifikan untuk mengurangi gangguan tidur. Nah, apakah Anda akan mencobanya? 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: