Take a fresh look at your lifestyle.

BI : Pertumbuhan Kredit Perbankan Kuartal II Akan Meningkat

0 803
Bank-Indonesia
foto : istimewa

Jakartakita.com – Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengaku optimistis pada kuartal II pertumbuhan kredit perbankan akan mulai meningkat sehingga dapat mencapai target pertumbuhan sebesar 15% hingga 17% pada tahun ini.

“Ada sejumlah faktor yang mendorong tumbuhnya kredit tahun ini. Kondisi likuiditas perbankan saat ini sudah cukup berlebih. Dana pihak ketiga (DPK) bulan lalu sudah tumbuh 15,2%, funding dari bank sudah cukup bagus dan likuiditas cukup tersedia untuk bank menyalurkan kredit,” ujarnya di Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Related Posts
1 daripada 6,413

Dia mengungkapkan, penyaluran kredit pada kuartal I tahun ini mengalami penurunan akibat dari perlambatan ekonomi Indonesia. Ekonomi Indonesia, sambungnya, akan lebih tinggi mulai kuartal II tahun ini.

“Memang triwulan I cukup rendah. Mulai triwulan II akan naik. Ekspansi fiskal akan mulai naik sehingga pertumbuhan dan demand kreditnya juga akan meningkat,” kata Perry.

Rencananya, kata dia,  BI akan mengeluarkan aturan terkait perluasan cakupan definisi simpanan dengan memasukkan surat-surat berharga yang diterbitkan bank dalam perhitungan Loan to Deposit Ratio (LDR) dalam kebijakan Giro Wajib Minimum (GWM).

Diharapkan kebijakan ini akan mendorong tercapainya target kredit perbankan pada tahun ini.

 

Tinggalkan komen