Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Indonesia Upayakan Peningkatan Kerjasama Investasi dengan Qatar

233
dok. kemlu
dok. kemlu

Jakartakita.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago bertemu dengan Menlu Qatar Dr. Khalid Mohammed Al Attiyah, guna membahas berbagai potensi kerja sama antara Indonesia dan Qatar, terutama di bidang investasi, di Kantor Emir Qatar, Doha pada Rabu (6/5/2015).

Seperti dilansir KBRI Doha, Menteri Andrinof yang didampingi oleh Duta Besar Deddy Saiful Hadi, menjelaskan bahwa misi utama kunjungan ke Qatar kali ini adalah dalam rangka meningkatkan kerja sama dengan Qatar, khususnya dalam mendukung prioritas pembangunan Indonesia di bidang ketahanan pangan, energi, pariwisata, industrial manufacture, dan kemaritiman.

Berkenaan dengan investasi, Menlu Qatar menjelaskan bahwa dirinya ingin melakukan kunjungan ke Indonesia guna membahas implementasi investasi Qatar di Indonesia, dan akan membawa sejumlah pengusaha dan investor Qatar ke Indonesia dalam kunjungan tersebut. Menlu Qatar juga akan mendorong Hassad Food untuk menjalankan proyek investasi di Indonesia.

Menlu Qatar menyampaikan bahwa dirinya secara khusus mengikuti perkembangan di Indonesia dan kagum atas capaian Indonesia selama ini, baik di tataran regional maupun internasional. Menlu Qatar secara spesifik menjelaskan bahwa Indonesia adalah mitra penting Qatar untuk mendukung proses perdamaian di Timur Tengah.

Menlu secara khusus berterima kasih atas kunjungan Menteri Andrinof dan menggarisbawahi pentingnya Indonesia bagi Qatar, tidak hanya karena kedua memiliki kedekatan agama, tapi karena begitu banyak potensi kerja sama yang perlu digarap lebih serius demi kepentingan kedua belah pihak.

Usai melakukan pertemuan dengan Menlu Qatar, Menteri Andrinof melakukan pertemuan dengan Menteri Perencanaan dan Statistik Qatar, H.E. Dr. Salah Bin Mohammad Al Nabit. Menteri Perencanaan dan Statistik Qatar menyampaikan keinginannya untuk menjalin kerja sama yang serius dengan Indonesia dengan menginisiasi pembuatan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua instansi. Disampaikan juga bahwa Qatar tertarik untuk belajar dari Indonesia mengenai perencanaan pembangunan, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Sebelumnya, pada hari pertama kunjungan Selasa (5/5/2015), Menteri Andrinof melakukan pertemuan dengan Menteri Energi dan Industri Qatar, H.E. Mohamed bin Saleh al Sada, dan Penasehat Khusus Hassad Food, sebuah BUMN terpenting di Qatar yang bergerak di bidang pertanian, pangan, dan livestock.

Pada kedua pertemuan tersebut, secara konsisten Menteri Andrinof menyampaikan prioritas pembangunan Indonesia, dan berharap adanya kerja sama investasi Indonesia-Qatar dalam bidang-bidang prioritas Indonesia dimaksud.

Investasi Qatar di Indonesia yang sudah berjalan dengan baik selama ini seperti Q-Tel (sebagai pemilik saham mayoritas PT. Indosat) dan QNB Kesawan diharapkan dapat terus diperhatikan untuk kepentingan kedua negara. Selain itu, komitmen Qatar untuk berinvestasi sebesar US$ 1 miliar di Indonesia juga diharapkan dapat segera terealisasikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: