Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jus Buah Tidak Selalu Lebih Sehat dari Soft Drink?

251
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Siapa bilang jus buah dan sayur dalam kemasan selalu sehat dan aman dikonsumsi setiap hari, dalam jumlah sebanyak apa pun? Anggapan itu ternyata keliru. Jus buah dan sayur dalam kemasan, bisa saja mengandung gula lebih banyak ketimbang minuman soda atau sirup.

Para peneliti justru mendapati bahwa kebanyakan produk minuman berlabel ‘buah’ mengandung gula yang sama dengan yang digunakan pada minuman bersoda. Bahkan jumlahnya seperempat kali lebih banyak.

Seperti dikutip dari Female First, rata-rata jus buah dalam kemasan mengandung 13 gram gula (1 sendok makan penuh) dalam 100 ml, bahkan ada yang mencapai 16,1 gram (1,5 sendok makan) per 100 ml. Sedangkan soft drink atau minuman soda rata-rata mengandung 10,6 gram per 100 ml.

Produk jus dan smoothies buah ini biasanya menargetkan anak-anak sebagai konsumennya yang rata-rata dikemas dalam botol kecil maupun kotak sebagai ‘teman’ makan siang. Parahnya banyak orang tua yang menganggap mereka telah melakukan hal yang benar dengan memberikan minuman sehat. Padahal mereka telah melakukan kesalahan besar.

Jus Sehat

Kandungan gula tinggi dalam jus kemasan tak hanya memicu diabetes tetapi juga berpotensi meningkatkan penumpukan lemak pada liver yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis. Apalagi kebanyakan jus kemasan tidak mengandung serat buah, isinya hanya air, gula dan perasa.

Tentu saja jus yang diolah sendiri tanpa gula dan susu masih jauh lebih baik dari jus dalam kemasan. Namun sayangnya, kebanyakan dari kita terlalu sibuk untuk sekedar meluangkan waktu mengolah jus. Makanya, untuk alasan kepraktisan, jus dalam kemasan masih menjadi idola.

Salah satu dari sedikit jus kemasan yang benar-benar sehat adalah produk jus Helse & Frisk. Semua varian jus Helse & Frisk murni dari sayuran dan buah segar berkualitas, tanpa tambahan gula, bahan pengawet, pewarna dan perasa. Untuk menjaga kualitas kandungan nutrisi di dalamnya, jus ini juga tidak mengalami proses pemanasan sama sekali. Karena tanpa bahan pengawet, maka masa kadaluarsa setiap varian jus hanya berkisar antara 2 sampai 4 hari saja bila di simpan di kulkas.

Jus Helse & Frisk dengan tujuh varian produk yang dinamai sesuai dengan kegunaannya, yaitu; Fit My Body, Energy Recharge, Cleanse & Purify, Stress free, Relax me honey, green essential, dan skin me softly. Dari ketujuh varian jus tersebut, varian Stress Free merupakan best seller..

Sementara ini memang jus Helse & Frisk baru dijual di Kemchick Pacific Place, Bodymind inc pilates., Vie pilates studio Dharmawangsa, market place Elevenia dan bazar-bazar. Namun dalam waktu dekat, jus ini juga tersedia di jaringan convenience store Starmart (Hero Group) dan AEON BSD Mall. Harga untuk sebotol jus berukuran 350 ml, dibanderol dari Rp 35 ribu hingga Rp 37 ribu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: