Take a fresh look at your lifestyle.

Pushla, Aplikasi Donasi Lewat Pulsa Karya Mahasiswa UI

0 1,919

 

foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Satu lagi karya anak bangsa yang membanggakan. Pushla, sebuah  aplikasi donasi yang memungkinkan pengguna mobile phone memberikan donasi melalui pulsa.

Aplikasi yang sudah dirilis di Google Play sejak April 2015 ini dibuat oleh mahasiswa UI. Mereka adalah Rafi Putra Arriyan (Ari), Ginanjar Ibnu Solikhin, Luqman Sungkar, Laila Mauhibah, dan Katri Adiningtyas.

Mauhibah, dan Katri Adiningtyas, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) yang membuat aplikasi pulsa top-up berbasis HTML 5 dengan memanfaatkan Intel XDK.

Pembuatan Pushla berawal dari keprihatinan Ari saat magang di suatu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang sering menjadi tempat penampung donasi bagi gerakan-gerakan sosial mahasiswa.

Related Posts
1 daripada 795

Setelah ditelusuri, permasalahan yang dihadapi para donator di Indonesia terutama terkait dengan akses dan jumlah minimal donasi. Ari menuturkan, banyak donatur yang tidak tahu ke mana harus menyumbangkan uangnya dan cukup malas menggunakan sistem Automatic Teller Machine (ATM) atau sistem registrasi di situs web untuk memberikan donasi.

Dikatakannya konsep yang diusung mahasiwa UI adalah kepraktisan dan kemudahan serta keleluasan jumlah nominal yang disumbangkan saat hendak berdonasi. Dengan aplikasi Pushla, maka berdonasi dilakukan hanya dengan satu klik melalui smartphonenya.

Dengan tampilan antarmuka yang didominasi warna biru, Pushla menawarkan kemudahan berdonasi melalui pulsa mobile phone. Di layar utamanya, pengguna dapat langsung melihat proyek sosial yang sedang membutuhkan bantuan donasi lengkap dengan keterangan jumlah dana yang sudah terkumpul, target donasi, dan keterangan sisa hari dari waktu pengumpulan donasi.

Ketika ingin melakukan donasi, pengguna cukup membuka program sosial yang diinginkan dari layar utama Pushla lalu menekan ikon “Donasi” yang tersedia. Pilihan nominal sumbangan pun sangat terjangkau. Mulai dari besaran Rp2.000,00, pengguna sudah dapat memberikan donasi yang akan langsung dipotong dari pulsa pengguna secara real time.

Sementara itu Rafi Putra mengatakan ia bersama tim nya akan terus mengembangkan aplikasi ini dengan menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga sosial agar lebih banyak lagi program sosial yang masuk ke Pushla. Dengan demikian aplikasi Pushla dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Berkat manfaat serta inovasinya, Aplikasi Pushla berhasil meraih juara satu pada ajang kompetisi Aplikasi Smartphone Tingkat Internasional Hackathon yang diselenggarakan oleh Startup Asia Singapore 2014 dalam di kategori Intel challenge.

Tinggalkan komen