Take a fresh look at your lifestyle.

Siti Ariah, Si Manis Jembatan Ancol

0 1,661
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kawasan Ancol tidak bisa dipisahkan begitu saja dari legenda  Siti Ariah atau Mariam, yang lebih populer di masyarakat Jakarta sebagai Si Manis Jembatan Ancol. Hantu cantik yang kabarnya sering menampakkan diri di sekitar kawasan Ancol, khususnya di sekitar jembatan ‘goyang’.

Menurut cerita, Siti Ariah adalah sosok perempuan Betawi yang hidup pada awal abad ke-19 di kampung Ancol. Suatu hari ia dilamar seorang cukong kaya raya yang suka perempuan muda. Namun ia menolak lamaran cukong tersebut karena sudah memiliki kekasih dan ia tak mau hanya jadikan gundiknya. Karena ditolak, sang cukong kaya itu marah bukan kepalang karena merasa dihina. Sementara Siti Ariah, memberontak dan memilih melarikan diri. Karena ulahnya, ibunya harus menanggung derita, dianiaya habis-habisan oleh si cukong kaya.

Related Posts
1 daripada 1,094

Seorang centeng si cukong memburu Ariah dan berhasil menangkapnya. Terjadilah pergulatan yang sengit sebelum akhirnya Ariah dilumpuhkan. Perempuan malang itu tercebur ke kubangan lumpur yang coklat dan ia meregang nyawa di sana. Menurut laporan, jenazah Ariah dibuang dan ditemukan di area persawahan di daerah Sunter, tak jauh dari Ancol, Jakarta sekarang, pada tahun 1817, tak selang lama sejak saat pelariannya.

Cikal-bakal bagaimana Siti Ariah dikenal banyak orang dan  dijuluki Si Manis Jembatan Ancol. Konon, pada tahun 1995, seorang pelukis di Ancol didatangi seorang perempuan yang meminta dilukis saat gelap dan hujan mengguyur kawasan Ancol. Namun, lukisan baru setengah badan si perempuan sudah lenyap secara misterius. Warga percaya bahwa perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol.

Begitu melekatnya legenda dan mitos seputar Si Manis Jembatan Ancol membuat kawasan jembatan Ancol tetap terasa mencekam walaupun kini kawasan Ancol sudah dibangun dan dikembangkan sedemikian rupa oleh pihak manajemen.

Konon, salah satu hotel megah di kawasan Ancol menyediakan kamar khusus untuk sosok misterius ini. Hiii serem!

Tinggalkan komen