Take a fresh look at your lifestyle.

Jokowi Akan Memberikan Sambutan Waisak di Candi Borobudur

0 4,425

JokowiJakartakita.com – Presiden Joko Widodo akan menghadiri acara puncak peringatan detik-detik Waisak di Candi Borobudur, Mageleng, Jawa Tengah, hari ini (2/6/2015). Jokowi bersama-sama dengan 20 ribu umat Buddha dari 18 negara akan merayakan Waisak 2559 BE/2015.

Rombongan kepresidenan Jokowi saat ini dikabarkan tengah berada di Solo untuk membahas pernikahan putra sulungnya Gibran Rakabumi, yang dilanjutkan dengan pembagian Kartu Indonesia Sehat. Ia pun dikabarkan akan langsung menuju Borobudur sore hari ini.

Jokowi pun dikabarkan akan memberikan sambutan Waisak di depan umat Buddha dari berbagai negara seperti Tibet, Thailand, Hongkong dan China.

Puncak peringatan waisak akan terjadi saat pergantian hari, malam ini sekitar 23.18 WIB. Sebelumnya umat Buddha akan melangsungkan ritual puja bakti, sebelum menyambut detik-detik waisak. Sama seperti tradisi sebelumnya, pelepasan ribuan lampion pun menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Yang akan dilakukan tepat pada pergantian hari pukul 00.00 WIB.

Related Posts
1 daripada 5,118

Seperti diketahui, sejak kemarin, jelang Tri Suci Waisak, air suci dan api dharma telah disemayamkan di Candi Mendut, Magelang.

Setelah disemayamkan, kini pada hari Selasa (2/6/2015) siang, air suci dan api dharma dibawa menuju Altar Utama di Candi Borobudur. Air suci dan api dharma nanti akan ditempatkan dalam Candi Mendut, atau di depan arca Budha.

Prosesi pengambilan air suci sendiri, dilakukan di Umbul Jumprit, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, pada hari Minggu kemarin (31/5/2015).

Inti dari doa di hari Waisak kali ini adalah, memohon keselamatan umat, keharmonisan dan kedamaian dunia serta kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia. Usai doa bersama nanti, akan dilanjutkan dengan prosesi pradaksina yang berjalan mengelilingi Candi Mendut searah jarum jam sambil membawa membawa api dharma.

Tinggalkan komen