Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Gedung Tertinggi di Jakarta

49
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Jakarta gudangnya gedung-gedung pencakar langit. Menurut data, ada lebih dari 700 gedung pencakar langit yang menghuni Jakarta. Dan sepertinya jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan semakin sedikitnya lahan dihadapkan pada kebutuhan gedung perkantoran dan pemukiman di Jakarta.

Kalau dahulu, sekitar tahun 70-an. Gedung Sarinah Thamrin yang dibangun tahun 1963 adalah gedung tertinggi di Jakarta. Kini, gedung tertinggi di Jakarta adalah Sahid Sudirman yang berdiri kokoh di area utama Jalan Sudirman.

Gedung yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada pertengahan Maret lalu ini dibangun di atas lahan seluas satu hektare yang di atasnya berdiri bangunan dengan ketinggian 258 meter. Gedung Sahid Sudirman Center terdiri dari 52 lantai di atas tanah dan 4 lantai di bawah tanah. Gedung yang proses konstruksinya berlangsung selama hampir 3 tahun ini mempunyai luas yang mencapai 206.000 m2, dengan 132.000 m2 bangunan office dan sisanya digunakan sebagai fasilitas pendukung dan parkir.

Gedung yang mulai dibangun pada tahun 2012 dan rampung pada 2015 lalu ini merupakan hasil kerja dari aliansi strategis Sahid Group, Pikko Land Group, dan Tan Kian. Diperkirakan dana investasi yang digelontorkan oleh konsorsium untuk membangun gedung tertinggi tersebut mencapai Rp 1,5 triliun.

Sahid Sudirman Center sendiri berada di dalam area pengembangan terintegrasi Sahid City seluas 5,5 hektar. Sebelumnya telah dibangun Grand Sahid Jaya Hotel, Sahid Sudirman Residence, Istana Sahid Apartemen, Sahid Office Boutique, dan Sahid Sahirman Memorial Hospital.

Namun sepertinya rekor gedung tertinggi ini akan segera dipatahkan oleh Cemindo Tower, Menara Astra, The St Moritz Tower, Thamrin Nine Tower 1, dan Icon Tower 1 dengan ketinggian di atas 270 meter hingga 350 meter (supertall). Seluruhnya masih dalam tahap konstruksi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: