Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Indonesia Akhiri SEA Games dengan Tambahan Dua Medali Emas dari Cabang Bulutangkis

150
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Indonesia mengakhiri kiprahnya di ajang SEA Games 2015 Singapura dengan tambahan dua medali emas dari cabang bulutangkis. Satu medali emas dihasilkan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto yang sukses mengalahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying pada partai final yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium Singapura, Selasa (16/6/2015) dengan skor 18-21, 21-13, 25-23.

Sedangkan medali emas lainnya disumbangkan ganda putra Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang mengalahkan sesama ganda Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon 21-12, 24-22 pada partai final yang berlangsung pada hari dan tempat yang sama dengan final ganda campuran. Kevin/Marcus mendapat medali perak.

Pemain tunggal putri Hanna Ramadhini yang kalah pada partai final yang juga berlangsung kemarin dari pebulutangkis Thailand Busanan Ongbumrungpan dengan skor 17-21, 12-21 turut menyumbangkan medali perak.

Dengan hasil-hasil tersebut, Indonesia total meraih tiga medali emas, dua medali perak, dan empat medali perunggu dari cabang bulutangkis. Sebelumnya, tim beregu putra memastikan raihan medali emas. Sedangkan empat medali perunggu berasal dari tim beregu putri, ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi dan Maretha Dea Giovani/Suci Rizky Andini, serta ganda campuran Riky Widianto/Richi Puspita Dili.

Dalam klasemen akhir perolehan medali ajang SEA Games 2015, Indonesia menempati peringkat kelima dengan total 47 emas, 61 perak, dan 74 perunggu. Thailand menjadi juara umum dengan 95 emas, 83 perak, dan 69 perunggu. Tuan rumah Singapura di peringkat dua dengan 84 emas, 73 perak, dan 102 perunggu.

Vietnam di peringkat ketiga dengan 73 emas, 53 perak, dan 60 perunggu. Sementara Malaysia di peringkat empat dengan 62 emas, 58 perak, dan 66 perunggu. Filipina satu peringkat di bawah Indonesia dengan perolehan 29 emas, 36 perak, dan 66 perunggu.

Myanmar di peringkat tujuh dengan 12 emas, 26 perak, dan 31 perunggu. Kamboja satu peringkat di bawahnya dengan 1 emas, 5 perak, dan sembilan perunggu. Laos menempati peringkat sembilan dengan empat perak dan 25 perunggu. Brunei di peringkat 10 dengan satu perak dan enam perunggu. Timor Leste di peringkat terakhir dengan satu perak dan satu perunggu.

Ajang SEA Games sendiri telah ditutup dengan acara yang meriah di Stadion Nasional Singapura pada Selasa malam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: