Take a fresh look at your lifestyle.

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Pada Bulan Puasa

0 985

Jakartakita.com – Bagaimana puasa Anda hari ini? Apakah Anda merasa lemas atau justru Anda tidak merasakan perbedaan yang berarti di banding hari biasa? Masih bersemangat kan? Lebaran masih 29 hari lagi loh.

Bagi umat muslim, bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa. Di bulan itu, umat muslim berlomba-lomba mengumpulkan pahala dengan giat beribadah. Ya tentu saja menjalani hari tanpa makan dan minum di hari yang terik sedang Anda masih harus menjalankan rutinitas sebagaimana biasa, adalah tantangan tersendiri. Kalau Anda tidak pandai-pandai menyikapi, Anda bisa saja jatuh sakit.Lalu apa saja yang harus dilakukan, agar Anda tetap bugar dan sehat selama bulan puasa?

foto: istimewa
foto: istimewa
1. Atur waktu tidur agar tetap mendapatkan 7-8 jam tidur.

Biasanya siang hari saat bulan puasa menjadi saat-saat yang paling ngantuk. Maklum saja, karena di bulan puasa otomatis jam tidur sedikit mengalami perubahan. Dengan adanya jam sahur, yang biasanya bangun tidur jam 5, sekarangharus bangun sekitar jam 3 pagi. Agar Anda tidak mengantuk, pintar-pintarnya Anda mengatur waktu tidur. Usahakan segera tidur setelah menunaikan shalat Isya dan Tarawih agar saat sahur tidak kesiangan.

Related Posts
1 daripada 1,953

foto: istimewa
foto: istimewa
2. Makan secukupnya. Jangan “balas dendam”.

Setelah lebih dari 10 jam menahan diri untuk tidak makan (dan minum) bukan berarti Anda bisa ‘maruk’ saat bedug maghrib terdengar. Makanlah secukupnya dan bertahap, agar tidak  mengganggu pencernaan makanan dalam tubuhyang dapat mengakibatkan perut terasa tidak enak kemudiannya. Cobalah mengikuti sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW agar  berbuka puasa dengan 2 tahapan yaitu makan ta’jil dan makan hidangan utama. Pada saat ta’jil, Anda hanya menyantap hidangan makanan ringan seperti kurma dan teh, setelah  beribadah sholat Maghrib atau Tarawih, Anda bisa melanjutkan untuk makan hidangan utama. Hal tersebut dilakukan juga agar ketika Anda sholat maghrib,  mampu melakukan gerakan sholat dengan benar tanpa harus merasakan perut kembung.

foto: istimewa
foto: istimewa
3. Menyikat gigi setelah sahur

Hal lain yang wajib kamu perhatikan juga adalah untuk membiasakan menyikat gigi  setelah sahur. Karena makanan yang terselip di gigi yang tidak disikat giginya akan menimbulkan bau tidak sedap.

Mau tahu hal lain yang wajib dilakukan? Yuk intip tautan berikut ini!

Tinggalkan komen