Take a fresh look at your lifestyle.

Momen Puasa Bisa dimanfaatkan Untuk Menurunkan Berat Badan

0 1,482
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Berpuasa adalah waktu dimana organ tubuh seperti ginjal dan hati mendapatkan waktu untuk istirahat. Dengan beristirahat, maka organ-organ ini dapat mendetoksifikasi untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Selain untuk manfaat kesehatan, ternyata momen Ramadan pun dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Untuk dapat menurunkan berat badan selama puasa ini bisa dilakukan oleh siapa saja, karena sangat mudah. Yang dapat dilakukan adalah, jangan makan berlebihan ketika waktunya berbuka nanti.

Jika ingin memaksimalkan proses diet menurunkan berat badan dengan sehat selama puasa berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Jangan mengonsumsi makanan mengandung gula berlebihan saat berbuka

Ketika buka puasa, maka makanan yang manis adalah yang paling dicari. Namun ternyata mengonsumsi makanan manis malah akan membuat orang jadi semakin bertambah nafsu makannya. Ujung-ujungnya, jumlah kalori dan makanan yang masuk malah menumpuk, karena tidak ada pembakaran yang terjadi.

Ini bisa diimbangi dengan berolah raga, jika ingin makan yang manis, sebaiknya ganti keinginan untuk menyantap buah, kurma, cokelat hitam dan lainnya.

2. Konsumsi makanan berserat

Related Posts
1 daripada 6,193

Oat, roti gandum, buah dan sayuran sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Makanan mengandung serat akan melancarkan proses pencernaan.

Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan. Serat di dalamnya juga sangat baik untuk jantung dan saluran pencernaan.

3. Kurangi mengonsumsi makanan berminyak

Makanan berminyak, adalah camilan yang mendadak banyak dicari orang dibulan Ramadhan. Cita rasanya yang gurih dan renyah menjadi pemuas rasa lapar banyak orang.

Namun Anda harus mengontrol semua keinginan ini. Ingat konsumsi makanan berminyak akan membuat kolesterol Anda naik.

4. Jangan kalap ketika jam buka puasa

Saat berbuka puasa, hindari makan semua makanan sekaligus. Konsumsilah kurma, dan buah-buahan terlebih dulu kemudian dua gelas air putih. Kemudian biarkan otak mengirim sinyal kenyang ke tubuh. Jika masih lapar, beberapa jam kemudian, santaplah makan malam Anda.

5. Minum air putih yang banyak saat sahur dan buka

Selama bulan puasa, air putih akan membantu menghilangkan berbagai racun dalam tubuh. Dengan konsumsi air putih akan lebih efektif untuk menghilangkan racun. Minum setidaknya 5-6 gelas air saat sahur dan buka.

Selamat mencoba…

Tinggalkan komen