Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jelang Mudik Lebaran, Pelni Bangka Belitung Akan Tambah Armada

236
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – PT Pelni (Persero) Cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  akan menambah satu unit armada kapal untuk mengantisipasi lonjakan calon penumpang selama arus mudik Idul Fitri 1436 Hijriyah.

“Mendekati arus mudik Lebaran nanti, kami akan mengoperasikan dua armada kapal yaitu KM Lawik dan Bukit Raya berkapasitas 1.000 orang penumpang per kapal,” ujar Martin Tambunan, Kepala PT Pelni Cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Pangkalpinang, pada Jumat (26/6/2015).

Martin menjelaskan, KM Lawik diperbantukan untuk melayani calon penumpang tujuan Pulau Kalimantan dan Jawa.

“Selama ini, hanya KM Bukit Raya yang melayani calon penumpang dan dengan adanya penambahan armada kapal maka akan semakin memadai untuk mengangkut calon penumpang yang akan merayakan Idul Fitri di kampung halamannya,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, calon penumpang yang berangkat di Pelabuhan Belinyu ke Pontianak dan Tanjung Priok, Jakarta masih normal.

“Selama bulan puasa ini, penumpang yang berangkat hanya sekitar 150 orang, sehingga masih banyak tempat duduk yang kosong,” ujarnya.

Menurut dia diperkirakan calon penumpang hingga H-1 Lebaran nanti tidak akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, karena kondisi perekonomian masyarakat Pulau Bangka yang melesu akibat harga timah dan komoditas perkebunan yang turun drastis.

“Saat ini, kondisi ekonomi masyarakat melesu, apalagi bertepatan dengan tahun ajaran sekolah baru, sehingga akan menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk mudik Lebaran,” ujarnya.

Namun demikian, kata dia, Pelni sebagai pusat pelayanan angkutan laut membantu pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama arus mudik ini.

“Mudah-mudahan dengan adanya penambahan kapal ini, dapat mengantisipasi penumpukan calon penumpang di pelabuhan selama arus mudik ini,” harapnya. (Sumber: AntaraNews)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: