Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Minum Es Saat Buka Puasa Sangat Mematikan

190
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Jika terdapat dua pilihan yaitu Teh Hangat dan Es Buah yang tersedia di meja makan ketika adzan Maghrib berkumandang, tidak dapat dipungkiri bahwa mayoritas orang yang berpuasa akan memilih untuk membatalkan puasa dengan Es Buah dibandingkan dengan Teh Hangat.

Tetapi tahukah Anda kalau berbuka puasa dengan air es ternyata bisa sangat mematikan?

Menurut Bapak Nursyam Mkes, seorang Sekretaris Ikatan dokter Indonesia Kalimantan Barat, ketika kita minum es saat berbuka puasa dapat menyebabkan kontraksi pada lambung akibat “terkejut” yang setelah seharian menahan lapar dan haus. Sangat disarankan, bagi yang berpuasa, untuk berbuka dengan yang hangat seperti teh manis dan kurmah untuk menstabilkan lambung (teh yang terlalu panas pun tidak baik) dan diperbolehkan untuk mengkonsumsi hidangan dingin setelah sekitar 5 hingga 10 menit.

Bahaya dari terjadinya kontraksi pada lambung dapat menyebabkan terjadinya masalah pencernaan yang kemudian dapat mengakibatkan perut keram dan kemudian secara berurutan dan tidak langsung dapat juga mengganggu kesehatan secara umum. Selain itu, berbuka puasa dengan hidangan yang dingin dapat mengecilkan pembuluh darah dan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya komplikasi peredaran darah pada tubuh yang diakibatkan oleh kecilnya pembuluh darah.

Jadi, agar menghindari terjadinya kesakitan yang parah dan penyakit yang menyebabkan kematian, marilah kita usahakan untuk menahan nafsu untuk berbuka puasa dengan yang segar-segar seperti air es atau hidangan dingin lainnya.

Sumber di sini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: