Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mau Beli iPhone Bekas? Ini Dia Tipsnya!

101

Jakartakita.com – Harga iPhone yang selangit, membuat perangkat besutan Apple ini tetap laris manis walau dalam keadaan bekas. Namun, hati-hati saat membeli iPhone bekas, kalau Anda tidak tahu tipsnya, bisa-bisa iPhone Anda hanya jadi pajangan saja alias tidak bisa digunakan.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual! Jangan-jangan iPhone tersebut adalah iPhone curian atau malah iPhone palsu.

Mau beli iPhone bekas? Ini dia tipsnya!

Hindari membeli online!

iPhone dan perangkat besutan Apple lainnya berbeda dengan gadget lainnya. Anda harus membeli langsung dan ketemuan dengan penjual. Pastikan ada koneksi internet saat ketemuan. Atau Anda membawa piranti Apple lainnya.

Cek aplikasi iPhone

Cara ini mengkin terdengar agak konyol, tapi dengan cara ini kalian bisa mengetahui iphone tersebut palsu atau asli. cara tergampang mengetahui iphone asli atau palsu kalian pastikan pada iphone yang ingin kalian beli ada aplikasi app storenya. Atau minta sambungkan ke itunes. Karena itu adalah kunci keaslian produk Apple.

Ciri lain dari iPhone replika atau supercopy adalah menggunakan OS Android, Layar sentuhnya kurang responsif, dan ketika dinyalakan tidak tampil logo Apple.

Cek apakah iPhone tersebut curian atau tidak!

Apple membuat tools baru yang diberi nama Check Activation Lock Status. Tools tersebut merupakan bagian dari iCloud, namun pengguna tidak membutuhkan akun Apple untuk menggunakannya. Fitur tersebut bisa diakses dari https://www.icloud.com/activationlock/ melalui peramban dari PC/laptop. Tinggal masukkan serial number perangkat atau IMEI, Apple akan memberitahukan apakah status perangkat itu, terkunci atau tidak.

Jika mendapati Activation Lock dalam perangkat ternyata dalam kondisi “On”, maka fitur Find My iPhone dalam perangkat itu sedang diaktifkan oleh pemilik sebelumnya. Percuma membeli iPhone curian apalagi untuk versi iOS 7 ke atas, karena sampai kapanpun Anda tidak akan bisa menggunakannya.

Apalagi jika sang pemilik yang kecurian juga memasang status ‘lost mode’ pada Find My iPhone. Maka saat terhubung dengan internet Anda akan tetap melihat pesan dari sang pemilik legal untuk mengembalikannya.

Mintalah penjual melakukan reset di depan Anda!

Dengan begitu Anda akan melihat sendiri, apakah setelah diformat,  iPhone tersebut tidak lagi bisa masuk ke menu, alias terkunci iCloud, jangan beli iPhone bekas tersebut karena percuma tidak akan bisa dipakai.

Test dengan kartu SIM yang aktif

Apabila ketika dimasukan kartu sim tidak ada sinyal dan hanya muncul searching atau mencari sinyal terus, maka sebaiknya urungkan untuk membeli iPhone tersebut, bisa jadi iPhone hanya bisa digunakan untuk SIM card tertentu saja.

Cek fungsi iPhone!

Test suara, speaker dan mix iPhone tersebut. Mainkan beberapa lagu di iPhone pastikan iPhone mengeluarkan suara dengan normal, lalu test iPhone tersebut untuk menelepon, untuk memastikan mix dan speaker iPhone tersebut normal.

Test Home Button. Tekan beberapa kali tombol bulat di bagian bawah iPhone, apakah masih empuk atau sudah teras keras. Jika sudah terasa keras, sebaiknya urungkan saja membali iPhone tersebut. Karena jika tombol tersebut tidak responsif, akan  sangat menyulitkan Anda untuk mengakses menu iPhone tersebut

Cek kondisi fisik iPhone!

Sekarang saatnya kalian cek bagian luar dari iphone tersebut, sepertinya cara ini tidak perlu saya jelaskan, karena saya yakin kalian sudah paham cara ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: