Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Rumah Sejuk Tanpa AC? Bisa!

263

Jakartakita.com – Akhir-akhir ini udara Jakarta terasa lebih terik, pertanda sudah memasuki musim kemarau. Alhasil banyak orang kemudian memilih memasang pendingin udara atau air conditioner (AC) supaya ruangan lebih sejuk dan nyaman. Memang sejuk, tetapi solusi ini sungguh tidak ramah pada kantong. Terus-terusan menyalakan AC bisa membuat tagihan listrik Anda meningkat drastis. Apalagi kini tarif dasar listrik terus meningkat.

Sebetulnya ada tidak sih solusi membuat rumah menjadi sejuk selain menyalakan AC? Berikut adalah sejumlah tips seperti yang dilansir dari The Huffington Post agar rumah Anda sejuk tanpa harus pusing memikirkan tagihan listrik:

1. Tutup jendela Anda dengan gorden

Seperti dilansi dari situs Family Handyman, hampir 30 persen panas yang tidak diinginkan berasal dari cahaya matahari yang menembus jendela Anda. Menutup jendela dengan gorden bisa mengurangi temperatur hingga 20 derajat.

2. Buka pintu kamar

Agar udara bebas bisa mengurangi panasnya sinar matahari yang menembus kamar.

3. Gunakan kipas angin atau air cooer.

Daripada membeli pendingin ruangan dengan harga yang mahal, apalagi jika ingin menghemat listrik, Anda bisa menggunakan kipas angin. Atau Anda bisa juga menggunakan air cooler yang bisa membuat udara kamar Anda menjadi lebih sejuk dari kipas angin namun tidak membuat tagihan listrik Anda membengkak.

4. Ganti seprai dan bantal Anda

Bahan seprai ternyata mempengaruhi penyerapan panas tempat tidur Anda. Pemilihan bahan untuk seprai dan sarung bantal Anda yang sesuai bisa membuat tempat tidur Anda terasa adem walau cuaca sedang sangat panas.

5. Fokus pada suhu tubuh Anda

Jika dahulu saat AC belum ada orang-orang bisa hidup tanpa AC, maka seharusnya sekarangpun bisa. Carilah minuman dingin untuk menyegarkan tubuh dari dalam atau tempelkan kain basah pada leher dan pergelangan tangan. Atau gantilah baju Anda dengan bahan yang lebih tipis dan menyerap keringat.

6. Gunakan exhaust fan pada dapur

Exhaust fan ini bisa menarik udara panas yang naik setelah Anda memasak atau udara beruap saat mandi, keluar dari rumah Anda.

7. Merombak total rumah

Anda bisa mulai menanam pohon di halaman atau tanaman merambat di depan jendela yang menghadap cahaya akan melindungi rumah dari sinar matahari. Cara ini efektif mengurangi panas yang diserap rumah Anda. Atau Anda juga bisa memasang kaca film.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: