Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ormas Ini Usulkan Mantan Presiden Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

182

soehartoJakartakita.com – Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) dan Organisasi Massa Rumah Pergerakan Rakyat Perisai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) mengusulkan ke Pemerintah Pusat agar Presiden RI periode 1966-1998, HM Soeharto dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

“Sudah kami usulkan ke Kementerian Sosial RI terkait pengusulan HM. Soeharto menjadi Pahlawan Nasional,” kata Presiden LIRA, Yusuf Rizal di Surabaya, Minggu (28/6/2015).

Pihaknya berharap, Presiden RI Joko Widodo segera memproses dan memberikan gelar tersebut karena Soeharto semasa menjadi Presiden RI dinilai mampu memberikan dan menyumbang terwujudnya pembangunan Indonesia.

“Selama 32 tahun memimpin Indonesia, Soeharto memiliki banyak prestasi yang dapat diukur dan dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Menurut dia, ada sejumlah alasan layaknya Soeharto mendapat penghormatan gelar tersebut, antara lain selama memimpin Indonesia pembangunan diberbagai sektor berjalan bagus dan dirasakan masyarakat.

Kemudian, pihaknya menilai, Soeharto berhasil menjadikan Indonesia sebagai negara yang disegani, khususnya di Asia dan mampu menciptakan stabilitas keamanan, sosial dan politik.

“Beliau berjuang melawan penjajahan dan banyak peristiwa-peristiwa penting yang berhasil ditorehkannya, semisal pembebasan Irian Barat, menjalankan Supersemar, hingga mengamankan Pancasila sebagai ideologi negara,” ucapnya.

Sampai saat ini, kata dia, sudah berbagai tahapan dilalui sebagai prasyarat penganugerahan, antara lain mengkaji dan mengumpulkan sejumlah fakta, pemikiran kritis dari berbagai tokoh masyarakat, baik melalui dokumentasi maupun seminar dan diskusi.

“Kami juga berkampanye mendukung penganugerahan ini ke masyarakat di berbagai daerah, dan akan bersafari politik untuk memperoleh dukungan politik dari berbagai tokoh, partai, ormas, TNI maupun Polri yang dinilai memiliki kompetensi,” katanya. (Sumber : Antara)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: