Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Fresh Graduate Butuh Skill Ini untuk Cari Kerja

167
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Tidak dapat dipungkiri lagi, persaingan dunia kerja semakin ketat. Jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja yang ‘membludak’. Maka tak mengherankan kalau para ‘fresh graduate’ atau lulusan baru harus bersaing dengan mereka yang sudah berpengalaman kerja demi sebuah lowongan pekerjaan.

Sebagai lulusan baru, tentu saja Anda harus memiliki nilai lebih yang membuat Anda lebih dilirik perusahaan dibanding orang lain yang lebih berpengalaman atau dibandingkan dengan lulusan baru lainnya. Lalu skill apa yang harus dimiliki oleh para lulusan baru agar bisa mendapatkan pekerjaan?

1. Melek IT

Perkembangan IT yang kiat pesat, mengharuskan warga dunia untuk melek IT.Banyak bidang-bidang pekerjaan di era digital ini yang membutuhkan skill di dunia IT.

2. Bahasa asing

Kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu hal penting yang akan membuat Anda memenangkan persaingan. Apalagi  kita akan menghadapi MEA. Arus globalisasi membuat Anda yang tak bisa berbahasa asing akan semakin tersingkir dari persaingan para pencari kerja.

3. Perbanyak pengalaman

Perusahaan sangat tertarik untuk merekrut pelamar yang memiliki banyak pengalaman. Salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga adalah melalui magang.

4. Asah keterampilan lain

Jangan batasi keterampilan. Kalau bisa asah keterampilan lain sesuai bakat dan minat. Siapa tahu dari situ Anda bisa dilirik perusahaan untuk dipekerjakan atau siapa tahu keterampilan Anda akan menjadikan Anda seorang entrepreuner.

5. Melanjutkan sekolah

Tidak sedikit bidang-bidang pekerjaan yang berhubungan dengan akademis membutuhkan gelar lebih dari sekedar sarjana S1. Tentukan tujuan hidup, Anda sebenarnya ingin berkarir dimana. Jika Anda ingin menjadi dosen, maka pilihan untuk melanjutkan kuliah lagi adalah ide cemerlang untuk bersaing dengan kandidat lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: