Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Waktu Bertambah Sedetik Jadi 24 Jam 1 Detik?

91

Jakartakita.com – Detik kabisat kembali berlaku pada 30 Juni 2015. Tepat malam ini, saat terjadinya peralihan dari tanggal 30 Juni ke 1 Juli 2015, hitungan jam akan bertambah satu detik. Peristiwa ini dikenal dengan lompatan detik atau leap second.

Menjelang pergantian bulan Juni ke Juli, maka akan terhitung bukan lagi 23:59:59, melainkan bertambah satu detik menjadi 23:59:60.

Seperti dilansir dari BBC, Selasa (30/6/2015), lompatan detik ini diketahui pernah terjadi pada tahun 2012. Artinya, penambahan detik pada waktu normal tersebut bukan terjadi sekali, namun pernah terjadi tiga tahun lalu.

Ilmuwan Peneliti Senior di National Physical Laboratory Inggris, Peter Whibberly, mengungkapkan perhitungan waktu ini karena berdasarkan rotasi Bumi dalam satu harinya. Penambahan satu detik ini disesuaikan agar waktu di bumi sama persis dengan jam atom. Jam atom menurutnya dipergunakan sebagai dasar pendefinisian dari detik, bukan lagi dengan putaran bumi.

Meski hanya bertambah satu detik, namun banyak kalangan sangat mengkhawatirkan adanya penambahan waktu ini, khususnya yang berkaitan dengan komputerisasi. Bahkan Whibberly menambahkan konsekuensi yang parah akan terjadi di kawasan Asia Pasifik, terkait fenomena langka ini.

Wah…serem juga ya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: