Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mau Mudik? Jangan Lupa Unduh Aplikasi Ini!

176

Jakartakita.com – Lebaran kurang dari dua minggu lagi. Bagi Anda yang berencana mudik pasti sudah tak sabar menghitung hari.

Sebelum mudik, selain mempersiapkan kondisi kendaraan, barang bawaan dan kesehatan fisik Anda, masih ada hal penting lainnya yang harus dipersiapkan bagi pengguna ponsel pintar. Pastikan Anda sudah mengunduh sejumlah aplikasi yang bisa memudahkan perjalanan mudik Anda.

Mau tahu aplikasi apa saja yang perlu Anda unduh? Berikut jakartakita.com rangkumkan untuk Anda:

foto: istimewa
foto: istimewa

Penghemat baterai

Perjalanan mudik yang panjang, membuat Anda mungkin tidak bisa dengan mudah mengecas ponsel Anda. Apalagi kalau Anda harus menemui kemacetan panjang. Tentunya tidak disarankan sering-sering mengecas ponsel dengan mobile charger yang terhubung ke mobil Anda. Begitupun, mungkin kapasitas power bank Anda tidak cukup banyak mengisi baterai ponsel Anda. Padahal Anda sangat membutuhkan ponsel untuk membunuh jenuh saat macet.

Maka aplikasi yang mungkin Anda butuhkan ialah penghemat baterai ponsel, DU Battery Saver. Melalui mode pengelolaan daya cerdas bawaannya, baterai ponsel dapat bertahan lebih lama bahkan mencapai 50 persen.

foto: istimewa
foto: istimewa

Aplikasi penunjuk arah atau peta lokasi

Bagi pengemudi, aplikasi penunjuk arah dan peta lokasi menjadi pegangan wajib. Navigasi penting bagi Anda yang sedang berada dalam perjalanan, apalagi bila mudik tahun ini merupakan pengalaman pertama.

Beberapa aplikasi yang menawarkan layanan itu ialah Google Map, Waze Social GPS Maps & Traffic, serta LewatMana. Cara menggunakannya cukup mudah. Pengguna hanya memasukkan tujuan pada fitur pencariannya. Secara otomatis, peta beserta rute perjalanan akan tersedia.

Beberapa layanan menawarkan fitur yang cukup unik. Seperti Waze, misalnya. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar informasi seputar keadaan perjalanan dan lalu lintas secara real-time. Yang menarik, saat ada razia polisi, kecelakaan atau kondisi lainnya dapat diterima dengan cepat oleh pengguna lainnya.

Aplikasi penunjuk arah ini juga berguna untuk mencari rute alternatif saat rute utama sedang macet total. Atau kebetulan Anda sedang tersesat di jalan saat mencari SPBU, ATM atau masjid.

foto: istimewa
foto: istimewa

Aplikasi pemesanan tiket dan hotel

Pada musim mudik lebaran mungkin Anda tidak bisa lagi mendapatkan tiket KA atau pesawat karena semua sudah dibooking dari jauh hari. Tetapi bukan tidak mungkin, Anda masih bisa mendapatkan tiket pesawat walaupun Anda harus menebusnya dengan harga mahal.

Namun Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti Traveloka untuk memesan kamar hotel. Boleh jadi Anda bisa mendapatkan promo khusus saat bingung mencari tempat menginap di kota tujuan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: