Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Trakindo Ciptakan Lingkungan Kerja Cerdas dalam Merespon Epidemi HIV/AIDS

263

TrakindoJakartakita.com – PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, kian mengukuhkan
komitmennya dalam menanggulangi HIV/AIDS di lingkungan kerja melalui peningkatan keanggotaannya menjadi Platinum dengan Indonesian Business Coalition on AIDS (IBCA) di tahun 2015 ini. Ditingkatkannya keanggotaan Trakindo dengan IBCA ini dilandasi atas keinginan Trakindo untuk lebih melindungi karyawan dan lingkungan kerja dari bahaya HIV/AIDS.

Beberapa kegiatan telah dilakukan oleh Trakindo untuk menjelaskan penularan HIV/AIDS dan pencegahannya kepada karyawan yang antara lain melalui berbagai kegiatan edukasi dan program pencegahan HIV/AIDS.

“Melalui kemitraan dengan IBCA yang telah terjalin sejak tahun 2010, di tahun 2015 ini kami melakukan peningkatan keanggotaan kami menjadi Platinum, hal ini didasari atas keseriusan komitmen kami dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh karyawan kami,” ungkap Maria T. Kurniawati, Chief Administration Officer, PT Trakindo Utama.

Berdasarkan data dari IBCA, sejak ditemukannya kasus HIV pertama kali di Indonesia pada tahun 1987, pertumbuhan kasus HIV dan AIDS di Indonesia meningkat secara eksponensial, pada 2013 tercatat lebih dari 30.000 kasus HIV baru di Indonesia, dimana 70% dari jumlah tersebut berasal dari usia produktif (25 – 49) tahun.

IBCA hadir sebagai respon dunia usaha terhadap meluasnya epidemi HIV di Indonesia. IBCA terdiri dari kumpulan
perusahaan di Indonesia yang peduli akan penanggulangan HIV/AIDS di dunia kerja. Melalui program Cerdas HIV di tempat kerja, IBCA bersama anggotanya berupaya untuk memberikan pemahaman akan pentingnya pencegahan terhadap terjangkitnya virus HIV.

Selain itu, juga dijelaskan mengenai apa saja langkah-langkah tepat yang perlu diambil dalam merespon kasus HIV/AIDS di tempat bekerja. Bekerjasama dengan IBCA, Trakindo telah melakukan beberapa kegiatan Program Cerdas HIV di tempat kerja, antara lain menyelenggarakan pelatihan Peer Leader Educator (PLE) yaitu sebuah pelatihan untuk mempersiapkan perwakilan dari berbagai divisi di Trakindo menjadi penyuluh panutan (role model) bagi rekan-rekan lainnya.

Inisiatif ini dilakukan secara bertahap dan rencananya akan menghasilkan puluhan role model sebagai ujung tombak perusahaan dalam program edukasi mengenai HIV/AIDS yang akan menjangkau lebih dari 6.700 karyawan Trakindo di seluruh Indonesia.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: