Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Wow… Ada Tahu Berformalin Di Pasar Cengkareng!

92
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Pemkot Administrasi Jakarta Barat dan Polres Metro Jakarta Barat pada hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Cengkareng, Jakarta Barat. Dalam sidak tersebut, ditemukanlah hal yang sangat mengejutkan, yakni dua peti tahu yang positif mengandung zat formalin.

Renova Siahaan, Kasudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Barat, mengatakan, sidak ini dilakukan dalam rangka menjamin keamanan pangan jelang Hari Raya Idul Fitri nanti.

“Ada 16 sampel tahu, yang salah satunya positif mengandung formalin. Pedagang dan dua peti tahu tersebut pun akhirnya diamankan oleh petugas,” paparnya, pada hari Kamis (2/7/2015).

Selain menemukan tahu berformalin, Renova dan pihaknya pun memeriksa ketersediaan komoditi lainnya, seperti daging sapi dengan jumlah sampel sebanyak 79 dan hasilnya negatif. Kemudian daging ayam dengan 142 sampel dan hasilnya negatif formalin, ikan olahan dengan jumlah sebanyak 80 sampel, serta buah dan sayur sebanyak 42 sampel dan hasilnya baik dan layak konsumsi.

Dalam sidak ini, diterjunkan sebanyak 20 personil dari Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Barat, dibantu juga oleh petugas Laboratorium Kesmavet, Pertanian dan Perikanan yang ada sebanyak 15 orang, Tim Intel Polda 4  dari Polsek Cengkareng dan Kalideres pun didatangkan sebanyak 10 orang.

“Masyarakat  kami anjurkan agar berhati – hati dalam membeli pangan, jangan hanya tergiur dengan harga murah saja,” tegas Renova.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: