Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

CEO Citi Indonesia Mendapat Penghargaan Dari Enterprise Asia

163
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – CEO Citi Indonesia yang baru saja terpilih, Batara Sianturi baru-baru ini mendapatkan penghargaan Responsible Business Leadership dari  Asia Responsible Entrepreneurship Awards (AREA) yang diselenggarakan di Macau dan diorganisir oleh Enterprise Asia.

Penghargaan ini diberikan kepada berbagai institusi bisnis dan pemimpin usaha yang telah mempelopori kegiatan kewirausahaan yang berkelanjutan yang bertanggung jawab.

Berbasis di Malaysia, Enterprise Asia adalah sebuah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk mendorong perkembangan kewirausahaan di kawasan Asia. Sementara itu, AREA adalah program penghargaan setingkat Asia yang dilaksanakan setiap tahun untuk mendorong peran sektor swasta dalam menciptakan perkembangan perekonomian yang berkelanjutan.

Program ini sendiri memperoleh penghargaan sebagai Program Pemberdayaan Sosial Terbaik tahun 2014 oleh Enterprise Asia.  Partisipasi aktif Batara di dalam program ini telah membawanya ke berbagai pelosok daerah di Filipina, dari Luzon hingga ke Visayas dan Mindanao. Seluruh upaya ini ia lakukan guna memahami tantangan yang dihadapi oleh pengusaha mikro di Filipina.

Dalam perannya Batara juga mengalokasikan waktu untuk berinteraksi dengan pemilik usaha mikro yang berpotensi tinggi di Citi Microentreprise Development Center yang didanai oleh Citi Foundation melalui kemitraan dengan Bayan Academy for Social Entrepreneurship.

Program ini merupakan penerima dari Social Empowerment Award dari Enterprise Asia di 2013. Dalam kapasitasnya, Batara memberikan mentoring di bidang kepemimpinan, pengelolaan keuangan, dan manajemen bisnis bagi para pengusaha mikro yang ingin meningkatkan usahanya sehingga dapat menjadi tingkat kecil dan menengah.

Setelah topan Haiyan, yang dikenal sebagai topan yang terdahsyat di dunia, menghantam Filipina,  Batara juga berhasil memobilisasi koleganya di seluruh dunia dan membantu mengumpulkan lebih dari US$1 juta untuk membantu para korban bencana agar dapat memenuhi kebutuhan darurat mereka serta untuk memenuhi kebutuhan rekonstruksi jangka panjang.

Selain itu, Batara sangat aktif mengkampanyekan gerakan sukarelawan di Citi Filipina. Kegiatan Citi Volunteer di negara itu antara lain berupa berdirinya komunitas sadar lingkungan (green communities), pembangunan rumah untuk pihak yang kurang beruntung serta program mentoring bagi anak-anak muda di Filipina.

“Di Citi, kami berkomitmen untuk senantiasa memberikan kontribusi yang nyata dan relevan di negara dimana kami beroperasi. Seiring dengan upaya kami untuk menciptakan, menumbuhkan dan melindungi kekayaan para nasabah. Saya merasa beruntung karena diberikan kesempatan untuk memelopori berbagai inisiatif selama berada di Filipina. Saya akan terus memberikan komitmen yang sama di Indonesia, terutama dalam mempromosikan inklusi keuangan,” ujar Batara, pada saat menerima penghargaan ini.

Di dalam perannya sebagai CEO, Batara akan bertanggung jawab atas seluruh lini usaha Citi di Indonesia. Ini merupakan penunjukkan ketiga bagi Batara sebagai Country Head selama hampir tiga dekade dirinya berkarir di Citi.

Berwarganegara Indonesia, Batara, pada tahun 2009 juga mendapatkan anugerah sebagai Top 25 Executives dari majalah SWA dan pada tahun 2013, Batara juga memperoleh penghargaan Golden Beehive Memorial Coin Award dari Asosiasi Perbankan Hungaria. Tahun 2014 lalu, majalah PeopleAsia juga memberinya penghargaan Men Who Matter atas kontribusinya di sektor perbankan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: