Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kepala LAPAN : Kemungkinan Perayaan Hari Raya Bisa Berbeda

54
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengungkapkan adanya kemungkinan perbedaan tanggal perayaan hari raya Idulfitri 1436 Hijriah/2015 Masehi.

“Perbedaan ini dikarenakan ormas-ormas Islam masih menggunakan metode yang berbeda serta belum menyerahkan otoritas sepenuhnya untuk penetapan tanggal hari raya pada pemerintah,” katanya, belum lama ini di Jakarta.

Dia menjelaskan, saat ini ada tiga jenis perhitungan/metode yakni untuk Muhammadiyah pakai kriteria hilal, NU menggunakan ketinggian dua derajat dan Persis menggunakan beda tinggi empat derajat.

Menurutnya, posisi bulan pada tanggal 16 Juli nanti itu sudah lebih dari dua derajat tetapi masih kurang dari empat derajat sehingga menurut ormas Muhammadiyah sudah pasti Idulfitri akan berlangsung pada 17 Juli.

“Sedangkan untuk NU di kalendernya sih 17 juli, tetapi NU akan menunggu kesaksian hilal. Padahal hilal saat itu masih rendah, sulit sekali diamati, potensi gagal ada. Sementara menurut Persis, itu belum masuk, jadi kalau kalender Persis itu Lebaran 18 Juli,” tuturnya.

“Sehingga masih terbuka kemungkinan tanggal 17 atau 18 Juli 2015. Sidang isbat itu tidak bisa ditebak,” ujarnya. (Sumber : Antara)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: