Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Persiapan Jadi Tuan Rumah MotoGP, Pengelola Sirkuit Sentul Panggil Desainer Sirkuit Kelas Dunia

210
sirkuit sentul
foto : istimewa

Jakartakita.com – Direktur PT Sarana Sirkutindo Utama sekalu pengelola sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto di Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/7/2015), mengungkapkan bahwa pihaknya bakal mendatangkan desainer sirkuit kelas dunia asal Italia yaitu Jarno Zaffeli guna mempersiapkan diri untuk menghadapi rencana menjadi tuan rumah kejuaraan salah satu seri MotoGP 2017.

Kehadiran desainer sirkuit kelas dunia itu merupakan rangkaian Sentul untuk menghadapi kejuaraan balap motor kelas dunia.

“Kami berharap, Sikuit Sentul bisa menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” kata pria yang juga mantan pebalap nasional itu.

Menurut dia, kehadiran Jarno Zaffeli dari Dromo Circuit Design Italia adalah untuk melihat kondisi terakhir sirkuit satu-satunya yang ada di Indonesia itu.

Selanjutnya, desainer utusan Dorna selaku promotor MotoGP itu akan melakukan desain ulang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

Sementara itu, Jarno Zaffeli mengaku Sirkuit Sentul memiliki pemandangan yang indah serta dikelilingi oleh pegunungan. Hanya saja, jika akan menjadi tuan rumah MotoGP maka harus dilakukan perombakan agar tidak ketinggalan jaman.

Salah satu perombakan yang harus dilakukan adalah dengan memperlebar tikungan yang ada. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan pebalap yang akan turun pada kejuaraan paling bergengsi di dunia itu.

“Tikungan pertama harus diperlebar agar pebalap mampu memacu motornya dengan kencang. Selain itu beberapa titik juga harus dibenahi. Yang jelas faktor keselamatan pebalap sangat penting,” kata pria yang menjadi desainer Sirkuit Mugello Italia itu.

Renovasi Sirkuit Sentul memang harus segera dilakukan jika akan menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP 2017. Hal ini dilakukan agar sesuai dengan Standar internasional meski sebelumnya Sirkuit ini sudah pernah menggelar kejuaraan pada 1997 dan 1998.

Rencana Sirkut Sentul menjadi tuan rumah MotoGP juga sudah mendapatkan respons positif dari pemerintah. Bahkan, saat CEO Dorna datang ke Indonesia sudah dilakukan pertemuan dengan perwakilan Kemenpora serta Kementerian Pariwisata. (Sumber : Antara)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: