Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Begini Caranya Agar Anak Suka Makan Sayur!

134
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com –  Seringkali orang tua mengeluh anaknya emoh sayur. Padahal nutrisi yang terkandung di dalam sayuran sangat berguna untuk tumbuh kembang anak. Lalu bagaimana caranya agar anak menyukai sayuran?

Sebelum mengeluh anak Anda anti sayuran, sebaiknya tanya diri Anda sendiri, apakah Anda menyukai sayuran?

Ternyata kesukaan anak pada sayuran sangat bergantung pada pola makan sang ibu. Sejak anak masih di dalam kandungan ibu, anak sudah mengenal rasa dari aneka makanan yang diasup oleh sang ibu. Dan rasa itu akan disimpan dalam otak sang anak.

Begitu pula saat menyusui. Gizi seimbang tak hanya saat hamil, tapi juga penting saat menyusui. ASI eksklusif selama 6 bulan dapat membuat anak mengenal rasa dari apa yang sering dikonsumsi ibunya.

Kemudian tahapan pengenalan sayur berikutnya adalah saat anak mulai memasuki tahapan makanan pendamping ASI (MP-ASI) setelah 6 bulan. Mulaikan kenalkan sayuran disamping buah-buahan, karbohidrat dan protein hewani.

Semakin dini, orang tua mengenalkan sayuran kepada sang anak. Maka semakin mudah bagi sang anak untuk menyukai cita rasa sayuran.

Menurut para ahli, sebaiknya pengenalan konsumsi sayuran dimulai sebelum usia anak menginjak satu tahun. Setelah usia satu tahun, jangan harap anak Anda akan dengan mudah menyukai cita rasa sayuran.

Cara berikutnya untuk mengenalkan sayuran kepada anak adalah dengan menyajikan menu sayuran dengan cara yang kreatif. Agar sang anak bersemangat saat makan sayur.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: