Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kalahkan Jepang 5-2 di Final, AS Juara Piala Dunia Wanita 2015

96
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Tim Amerika Serikat meraih gelar juara Piala Dunia Wanita 2015 setelah dalam partai final yang berlangsung di Stadion BC Place, Vancouver, Kanada, Senin (6/7/2015) meraih kemenangan telak 5-2 atas Jepang. Kapten tim AS Carli Lloyd mencetak hattrick, sedangkan dua gol AS lainnya dicetak Lauren Holiday dan Tobin Heath. Jepang memperoleh gol dari Yuki Ogimi dan gol bunuh diri Julie Johnston.

Kesuksesan menjadi juara Piala Dunia Wanita merupakan yang pertama sejak tahun 1999 lalu bagi tim AS. Selain itu juga menjadi ‘pembalasan dendam’ empat tahun lalu, saat AS harus tunduk dari Jepang di partai final kejuaraan ini.

Saat laga final di BC Place baru berlangsung tiga menit, Lloyd telah mencetak gol pertamanya. Tendangan kaki kirinya memaksimalkan tendangan sudut Megan Rapinoe tak mampu dibendung kiper Jepang Ayumi Koihori.

Lloyd lalu menggandakan keunggulan AS dua menit kemudian. Sang kapten menyambar bola liar dari sebuah set piece dari jarak lima meter menjadi gol.

Telah tertinggal dua gol hanya dalam hitungan beberapa menit, permainan Jepang menjadi berantakan. Keadaan ini dimanfaatkan AS untuk kembali mencetak gol, pada menit ke-14 lewat Holiday. Gol dicetaknya dengan sebuah tendangan voli memanfaatkan kesalahan pemain bertahan Jepang dalam membuang bola.

Dua menit berselang, Lloyd menuntaskan hattrick dengan spektakuler. Gol dibuatnya melalui tendangan lambung dari jarak jauh yang gagal ditepis Kaihori.

Jepang kemudian memperkecil ketertinggalan lewat gol Ogimi pada menit ke-27. Ogimi menaklukkan kiper AS yang jelita, Hope Solo, melalui tendangan melengkung yang bersarang di pojok kiri atas gawang.

Di babak kedua, Jepang mendapat gol keduanya dalam pertandingan final setelah Johnston membuat gol bunuh diri dari kesalahan memotong umpan dengan kepalanya pada menit ke-52. Si kulit bundar malah bersarang di gawang AS.

Tapi AS kembali mencetak gol dua menit berselang, Heath menceploskan bola ke gawang Jepang memanfaatkan kesalahan Kaihori dalam upaya menghalau sebuah tendangan sudut. Gol kelima AS ini menjadi gol pamungkas pertandingan yang berkesudahan 5-2 untuk kemenangan AS dan memastikan gelar juara Piala Dunia Wanita 2015.

Sementara itu, yang menjadi juara ketiga Piala Dunia Wanita 2015 adalah Inggris setelah dalam pertandingan perebutan juara ketiga yang berlangsung di Commonwealth Stadium Minggu (5/7/2015) dini hari WIB meraih kemenangan tipis 1-0 atas Jerman. Gol tunggal kemenangan Inggris dicetak Fara Williams dari titik putih pada menit ke-108 laga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: