Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Wow, Ahok Bakal Bangun Rel Kereta Tiga Tingkat

77
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Tampaknya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersungguh-sungguh dalam membenahi moda transportasi Jakarta demi mengatasi kemacetan. Ahok pun rel kereta tiga lantai.

Rel kereta tiga lantai?

Mantan Bupati Belitung Timur ini menjelaskan, tiga lantai pada jalur yang akan dilintasi kereta api itu akan dilintasi mass rapid transit (MRT) pada jalur pertama, lantai ke-2 untuk kereta rel listrik (KRL), sementara lantai ke-3 atau jalur layang untuk light rail transit (LRT).

Menurut Ahok, pembangunan ini dilakukan untuk mengurai kemacetan. Sehingga, langkah yang harus dijalankan adalah menambah jaringan kereta api, bukanlah jaringan jalan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ahok bakal memulai pembangunan LRT berbarengan dengan proyek MRT yang masih berjalan. Transportasi massal berbasil rel ini nantinya bakal mengurangi kemacetan.

Rencana pembangunan LRT sendiri akan dibangun sebanyak tujuh koridor. Ketujuh koridor itu, yakni Kebayoran Lama-Kelapa Gading (21,6 km), Tanah Abang-Pulo Mas (17,6 km), Joglo-Tanah Abang (11 km), Puri Kembangan-Tanah Abang (9,3 km), Pesing-Kelapa Gading (20,7 km), Pesing-Bandara Soekarno-Hatta (18,5 Km), dan Cempaka Putih-Ancol (10 km).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: