Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mau Mudik? Pastikan Anda Tidak Lupakan Ini!

115

Jakartakita.com – Libur lebaran tinggal menghitung hari. Bagi Anda yang berencana mudik lebaran kali ini pasti sudah siap dengan seabreg persiapan.

Nah, agar mudik tahun ini menyenangkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan hal-hal berikut:

Pastikan kendaraan Anda siap untuk perjalanan jauh. Bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk pemeriksaan secara menyeluruh sebelum melakukan perjalanan mudik.

Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.

Bawalah sparepart cadangan untuk berjaga-jaga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan jauh menuju kampung halaman. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan Anda.

Kotak P3K. Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, rheumason, betadine, dan obat-obatan pribadi tersedia. Kalau perlu sediakan juga neurobion tablet putih untuk mengatasi pegal-pegal selama berkendara menuju kampung halaman.

Daftar barang bawaan. Buatlah checklist dari jauh hari untuk meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

Perlengkapan anti bosan. Sudah menjadi langganan setiap mudik lebaran adalah macet panjang. Agar Anda tidak ‘mati gaya’ karena bosan selama macet. Siapkan perlengkapan anti bosan, seperti; buku bacaan, koleksi lagu-lagu, DVD, gadget, cemilan, dll.

Peta mudik. Anda bisa mendapatkannya di pintu tol jalur mudik, posko mudik, dll. Atau Anda bisa mengunduh gratis dari website tertentu. Kalau perlu siapkan juga gadget pendukung aplikasi GPS.

Informasi posko mudik & rest area.  Ini penting jika Anda ingin beristirahat sekaligus memanfaatkan fasilitas mudik secara gratis yang disediakan oleh sponsor. Atau sekedar mengecek kendaraan Anda.

Power bank dan pulsa. Pastikan pastikan baterai dan pulsa ponsel Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan.

Kondisi tubuh. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam.

Lapor ke aparat berwajib tentang rencana mudik Anda. Polda Metro Jaya bekerja sama dengan pemangku wilayah di seluruh Jakarta untuk memantau rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik. Pasikan rumah Anda masuk daftar.

Titipkan kendaraan di tempat yang aman. Mau mudik meninggalkan kendaraan? Titipkan saja di kantor polisi di wilayah Anda agar aman.

Titipkan hewan kesayangan. Agar Anda merasa tenang saat melakukan perjalanan mudik, titipkan hewan kesayangan Anda di tempat penitipan hewan. Tempat penitipan hewan biasanya lebih terjamin dibandingkan Anda harus menitipkannya kepada orang rumah atau tetangga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: