Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

5 Kue Kering yang Tak Pernah Absen di Hari Lebaran

261

Jakartakita.com – Lebaran tinggal menghitung hari. Masyarakat pun mulai heboh mempersiapkan hari lebaran. Salah satu hal penting yang  dipersiapkan adalah kue kering untuk menjamu tamu di hari lebaran.

Ketiadaan waktu untuk membuat kue kering sendiri, membuat dagangan kue kering jelang lebaran laris manis. Bahkan para pedagang kue seringkali merasa kewalahan menerima pesanan kue kering.

Kue kering apa saja yang biasa dibuat atau dibeli jelang lebaran? Lima kue kering berikut dipastikan tidak pernah absen di hari lebaran:

foto: istimewa
foto: istimewa

Kastengel

Siapa yang tak kenal dengan kue kering yang gurih ini.  Kastengel berasal dari bahasa Belanda “kaas/keju” dan “stengel/batang” yang tentu saja kira-kira artinya adalah batang keju. Di negara aslinya ini memang aslinya seperti batang/stik (kurus dan panjang) dengan panjang kurang lebih sekitar 15cm. Bahan yang dipakai antara lain keju gouda (keju yang kulitnya merah), cheddar dan edam dan pastinya tepung terigu. Kaasstengels biasanya disajikan di saat Natal maupun hari-hari raya tradisional. Hanya saja biasanya orang Belanda memakannya dengan sup atau salad.

foto: istimewa
foto: istimewa

Nastar

Nastar juga berasal dari bahasa Belanda “ananas/nanas” dan “taart/tart/pie” yang bisa kita simpulkan sendiri artinya. Bedanya dengan kaasstengels adalah bahwa nastaart diciptakan oleh orang Belanda di Indonesia. Konon dulu buah nanas tidak ada di Belanda karena cuma ada di negara-negara tropis. Di Belanda adanya pie apel atau berry. Dan nastaart adalah modifikasi apple pie, namun dengan isian nanas.

foto: istimewa
foto: istimewa

Putri Salju

Dinamakan putri salju karena kue yang manis dan lembut dengan rasa kacang ini berwarna putih dan diberi taburan gula halus mirip kayak salju. Tak diketahui secara pasti darimana asalnya kue kering ini .Namun sepertinya bukan asli Indonesia ya.

 

Kue lidah kucing

Lidah Kucing

Bentuknya memang sekilas mirip dengan lidah kucing. Konon kue kering ini juga berasal dari Belanda. Nama aslinya  kattentong, dimana kat artinya kucing dan tong artinya lidah. Namun kini warna kue lidah kucing tidak hanya warna coklat muda, sudah ada warna hijau beraroma green tea. Bahkan warna pelangi.

foto: istimewa
foto: istimewa

Kue Semprit

Kue kering ini adalah salah satu camilan yang paling dicari saat lebaran. Bagi yang belum tahu, kue semprit adalah kue tipis berbentuk bunga dengan manisan atau choco chips di tengah sebagai aksesn hiasan. Rasanya manis, gurih dan lezat.

Tak ada yang tahu darimana asal kue ini. Namun kemungkinan nama ‘semprit’ diambil dari kata ‘spuit’ teknik mencetak kue dengan plastik segitiga yang di ujungnya menggunakan spuit bunga. Namun karena ribet cara mengucapkan ‘spuit’ akhirnya jadi ‘semprit’.

Nah kue kering mana yang jadi favoritmu?

1 Comment
  1. GadgetGan says

    Salah satu kue kesukaanku dan tidak akan pernah ketinggalan adalah nastar…. Happy Ied saudaraku..

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: