Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kredit Mobil Bekas Sekarang Makin Susah?

39

Jakartakita.com – Tampaknya pasar mobil bekas terutama penjualan dengan sistem cicilan di tahun ini bakal tak secerah tahun sebelumnya. Kredit mobil bekas di tahun ini tidak tidak semudah tahun sebelumnya. Pasalnya, sejumlah perusahaan lembaga pembiayaan (leasing) tengah dihantui non performing loan (NPL) alias kredit macet.

Seperti dilansir dari Otomania, hal ini disebabkan kemampuan daya beli konsumen yang menurun membuat hampir seluruh perusahaan leasing memperketat kredit yang masuk.

Menurut Jodjana Jody, Presiden Direktur PT Astra Sedaya Finance (Astra Credit Companies/ACC)Sampai Juni 2015, NPL  naik menjadi 0,7 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya 0,5 persen. Masalah utama terjadi para kredit truk, pikap, dan mobil bekas. Makanya proses kredit pada jenis-jenis kendaraan ini cenderung ditinggalkan perusahaan pembiayaan.

Upaya pemerintah dengan menurunkan  batas minimum uang pangkal (down payment/DP) sebesar 5 persen juga dianggap kurang efektif. Karena daya beli, diskon besar mobil baru, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, GDP (pendapatan domestik bruto) belum naik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: