Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tips Berkendara Menembus Arus Mudik

51
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Mobil pribadi merupakan salah satu alat transportasi pilihan masyarakat jelang mudik lebaran. Selain tingkat kenyamanan, mobil pribadi juga menjadi solusi jika tidak ingin repot membeli tiket kereta atau pesawat.

Namun, sayangnya jumlah pemudik dengan mobil pribadi tiap tahunnya terus meningkat. Ini berarti, kemacetan saat arus mudik adalah masalah klasik yang hampir mustahil untuk diatasi. Perjalanan yang jauh ditambah dengan kemacetan yang panjang membuat pemudik dengan mobil pribadi malah merasa tidak nyaman.

Nah, bagi Anda yang berencana mudik dengan mobil pribadi, perlu menerapkan tips ini agar perjalanan Anda nyaman dan aman.

1. Cek kondisi mobil. 

Pastikan mobil Anda dalam kondisi prima. Lakukan perawatan lengkap serta periksa setiap komponen mobil Anda, seperti kondisi mesin, ban, rem, dan yang lainnya. Hal yang tak kalah penting adalah, pastikan Anda membawa alat perlengkapan seperti dongkrak, ban serep, dan lain sebagainya di mobil Anda untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Kondisi tubuh dalam keadaan prima.

Perjalanan mudik yang jauh dan melelahkan membutuhkan kondisi badan yang prima. Jagalah kesehatan badan Anda sebelum dan selama mudik. Kalau perlu konsumsi multivitamin untuk menjaga stamina.

3. Pastikan muatan mobil tidak melebihi kapasitas.

Anda hanya ingin mudik bukan pindahan. Bawalah barang bawaan secukupnya. Selebihnya bisa Anda paketkan.

Kalau Anda merasa bagasi tidak cukup menampung barang bawaan Anda, jangan paksakan barang bawaan menumpuk di kursi penumpang demi kenyamanan. Menaruh barang bawaan di atas kap mobil boleh-boleh saja. Asal jangan kebanyakan hingga malah mobil Anda oleng.

Sesuaikan jumlah tempat duduk dengan penumpang. Agar perjalanan mudik Anda nyaman.

4. Konsentrasi dalam mengemudi.

Mengemudi jarak jauh butuh konsentrasi. Segera berhenti untuk istirahat jika Anda mengantuk. Tak usah terburu-buru sampai ke kampung halaman, karena yang penting Anda sampai dengan selamat di tempat tujuan.

5. Tahu jalan.

Pastikan Anda sudah mengetahui medan mudik Anda. Gunakan aplikasi gps yang banyak tersedia di playstore atau appstore untuk memudahkan Anda mengetahui rute mudik Anda dan tidak ‘kesasar’.

6. Dapatkan info tempat-tempat penting.

Anda harus tahu dimana rest area, SPBU, ATM, dan lain sebagainya. Itulah pentingnya aplikasi yang tepat di ponsel pintar Anda.

7. Hiburan

Stuck berjam-jam karena macet? Pastikan Anda punya stock bacaan, lagu-lagu bagus dan permainan seru di gadget Anda untuk membunuh rasa bosan. Tentu saja Anda juga bisa membunuh bosan dengan bersenda gurau bersama keluarga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: