Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Wow…Anggaran Promosi Pariwisata Nasional Naik Drastis Menjadi Rp 5 Triliun

121
Dieng-Cultural-Festival - pariwisata indonesia
foto : istimewa

Jakartakita.com – Untuk menggenjot promosi pariwisata nasional, Pemerintah RI meningkatkan anggaran di RAPBN 2016 menjadi sebesar Rp5 triliun.

“Anggaran Kementerian Pariwisata kayak balon, naik drastis. Presiden menaikkan anggarannya sebesar Rp5 triliun,” ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut dijelaskan, anggaran tersebut akan dibagi dua bagian utama, yakni sebanyak 80% untuk promosi ke luar negeri demi mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dan sisanya untuk berpromosi di dalam negeri demi menambah jumlah wisatawan nusantara (wisnus).

Promosi wisman akan diprioritaskan di negara-negara ASEAN serta tiga negara besar di Asia yakni Jepang, Korea dan Tiongkok. Menurutnya, negara ASEAN ditambah tiga negara lebih besar potensinya dibandingkan negara-negara Eropa, Afrika, Amerika maupun Australia.

“Dari segi originasi, kawasan ASEAN dan tiga negara itu potensinya lebih besar ditinjau dari sisi size, growth dan spread dibandingkan misalnya kawasan Amerika Latin. Potensinya 75%. Jadi lebih baik fokus berpromosi di daerah-daerah yang menghasilkan potensi besar,” tandasnya.

Sebagai informasi, dengan terjadinya kenaikan anggaran ini, total anggaran Kementerian Pariwisata pada 2016 menjadi Rp6,1 triliun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: