Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tips Tinggalkan Rumah dengan Aman Saat Mudik

145

Jakartakita.com – Empat hari jelang lebaran, warga kota mulai berbondong-bondong menuju kampung halamannya. Dan seringkali untuk melakukan perjalanan mudiknya, warga seringkali meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Jika Anda berencana mudik, pastikan rumah yang Anda tinggalkan aman dari incaran pencuri atau bahaya kebakaran. Berikut adalah tips meninggalkan rumah dengan aman saat mudik:

1. Hentikan langganan koran/majalah selama mudik. Koran/majalah yang menumpuk di halaman rumah menggoda pencuri untuk masuk, karena mereka yakin rumah Anda kosong.

2. Bawa kunci atau titipkan pada tetangga. Jika Anda terbiasa meninggalkan rumah dengan menaruh kunci di tempat yang menurut Anda tersembunyi, sebaiknya tidak Anda lakukan saat mudik. Karena para pencuri akan menggeledah tempat persembunyian kunci yang paling umum terlebih dahulu, seperti di bawah keset, batu atau pot bunga.

3. Cabut semua kabel dari stop kontak. Hal ini dapat mengurangi resiko kebakaran. Tentu saja Anda harus memastikan tidak ada api yang menyala sebelum pergi meninggalakn rumah.

4. Perawatan rumput. Rumput yang panjang dan tak terawat apalagi saat ditinggal lama membuat para pencuri berasumsi, rumah Anda benar-benar tak berpenghuni, dan aman untuk dijarah.

5. Memadamkan dan menyalakan lampu

Lampu adalah indikator paling penting saat menentukan si pemilik ada di rumah atau tidak. Untuk itu, pastikan lampu menyala pada malam hari dan padam saat pagi hari.

Anda bisa mencari lampu LED otomatis yang bisa mendeteksi cahaya. Pasang lampu ini di teras, halaman, dan jalan di depan rumah. Selain itu, jika tidak memungkinkan mengganti bohlam lampu, sekali lagi minta bantuan tetangga untuk berkala memadamkan dan menyalakan lampu.

6. Beritahu tetangga di sekitar. Paling tidak beritahu pihak keamanan komplek, ketua RT, juga tetangga kiri-kanan depan-belakang untuk sama-sama membantu mengawasi. Pastikan Anda membawa oleh-oleh untuk mereka yang telah berjasa menjaga rumah Anda sepulang mudik ya.

7. Jauhi media sosial. Jangan sekali-kali mengunggah informasi bahwa Anda sedang mudik lengkap dengan lokasti ‘start’ rumah Anda di media sosial. Anda tidak pernah tahu kalau di luar sana banyak orang jahat yang memantau.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: