Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jumat Besok Lebaran!

85

Jakartakita.com –  Setelah sidang isbat menyepakati kalau hilal sudah terlihat di sejumlah lokasi di tanah air. Maka, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin resmi menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah di Indonesia jatuh pada hari Jumat (17/7/2015).

Kamis (16/7/2015) petang, Lukman membeberkan kepada wartawan kalau hilal sudah terlihat di tiga tempat di Jawa Timur, yakni Bukit Condrodipo, Gresik; Tanjung Kodok, Lamongan; dan Bojonegoro dan dari Kepulauan Seribu, Jakarta.

Lukman mengatakan, posisi hilal pertama kali diketahui melalui pemantauan tim hisab dan rukyat di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Dalam pemantauan tersebut, diketahui bahwa tinggi hilal mencapai 3,11 derajat, jarak antara bulan dan matahari sejauh 5,7 derajat, dan umur hilal 9 jam. Hasil pemantauan tersebut telah melebihi ukuran minimal yang disepakati beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Oleh karena itu,pemerintah menetapkan awal bulan Syawal telah dimulai dan besok seluruh umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan shalat Id bersama-sama.

Sebelumnya Muhammadiyah telah menetapkan bahwa hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Jumat (17/7/2015).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: