Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Si Emping

155

Sejak dahulu, masyarakat Betawi yang mayoritas muslim memang dikenal religius. Makanya tak mengherankan kalau ada semacam pameo yang beredar di tengah-tengah masyarakat Betawi soal karakter pemuda Betawi. Pemuda Betawi itu rajin solat dan mengaji juga jago silat. Hal inilah yang sering dijadikan persyaratan bagi para orang tua untuk mencarikan pasangan untuk anak gadisnya.

Karakter pemuda Betawi yang rajin solat dan mengaji juga jago silat ini ada pada si Emping. Si Emping adalah anak Betawi totok dari Ciputat. Kebetulan si Emping sudah beristri, namanya Mpok Mile (=Mila). Si Emping dan keluarganya adalah potret keluarga Betawi yang harmonis. Meskin bukan orang kaya, namun Emping memegang teguh nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

Kata babeh Emping, “Kagak ada ceritenye anak turun kite Betawi tulen, makan duit haram. Lebih baik kagak makan daripada makan pake duit haram. Inget ntu Emping”.

Dan sampai sekarang, walaupun si babeh sudah tiada. Emping tetap memegang teguh nasihat babehnya.

Mulai hari ini, Si Emping karya M. Khais Raihan bakal jadi keluarga baru Jakartakita.com. Setiap Senin-Kamis, Si Emping bakal menemani pembaca setia Jakartakita.com dengan topik-topik yang menarik.

Stay tune!

1 Comment
  1. elvi says

    Kereennn…kaka iparqu… lanjutkan hihiii…

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: