Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Awas, Google Memata-Matai Anda Lewat Fitur “Location History”!

116
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Apakah Anda pengguna setia Google dan produk turunannya, seperti Google Maps? Kalau iya, maka siap-siap saja Anda akan dimata-mati oleh Google lewat fitur location history. Karena sekali fitur tersebut diaktifkan dalam aplikasi Google Maps di ponsel pintar Anda,maka Google bisa  melacak lokasi penggunanya secara real-time.

Dilansir laman T3, Kamis (23/7/2015), Nantinya, pengguna dapat mengaktifkan pilihan bernama Real-time routines yang terdapat dalam menu side-bar. Pengguna dapat mengakses menu Options, My Places, lalu Your Timeline dalam Google Maps.

Setelah diaktifkan fitur Your Timeline akan melacak tempat-tempat yang pengguna datangi selama perangkat mobile mereka aktif. Bergulir di desktop dan Google Maps versi Android, Google Location History akan mudah menavigasi kedatangan dan kepergian penggunanya.

Fitur tersebut bahkan mampu menebak bagaimana pengguna melakukan perjalanan mereka, apakah dengan bus, kereta, ataupun berjalan kaki. Meski seperti dimata-matai, Google menjamin fitur tersebut bersifat pribadi dan hanya akan dapat dilihat oleh penggunanya. Tentu saja ini tidak menjamin data Anda tidak bisa dilihat orang lain.

Emoh dimata-matai? Anda bisa menonaktifkan fitur tersebut lewat website myaccount.googgle.com. Tak hanya mengatur aktivasi fitur location history, di website tersebut Anda juga dapat  mengatur aplikasi lain yang ada dalam Google.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: