Take a fresh look at your lifestyle.

Sedang Dikembangkan, Aplikasi Baru Pada Smartphones Untuk Mencegah Kebutaan

0 842
aplikasi smartphone cegah kebutaan
foto : istimewa

Jakartakita.com – Perkembangan teknologi aplikasi pada smartphones telah menghadirkan sebuah terobosan terbaru di bidang kesehatan khususnya untuk mencegah penyakit mata dan bahkan kebutaan.

Hanya dengan menginstal sebuah aplikasi di smartphone, arah dan fokuskan kamera ke mata pasien, lalu hasil akan langsung didapat seketika.

Awalnya, teknologi tersebut dikembangkan oleh Medical and Surgical Centre for Retina yang bekerjasama dengan tim insinyur Biomedis Monterrey Insitute of Tecnology and Higher Education (ITESM) di Meksiko.

Related Posts
1 daripada 7,600

“Idenya adalah untuk mendeteksi dan mencegah penyakit di dalam praktik umum. Kami tidak mengganti spesialis, kita ingin tahu dimana pasien memiliki penyakit dan membuat cara deteksi secara dini,” kata Dr Juan Carlos Altamirano Vallejo, Direktur Medis dari Medical and Surgical Centre for Retina di Meksiko, seperti dilaporkan laman Deccan Herald, Kamis (23/7/2015).

“Kita mulai dari fakta bahwa terobosan ini justru jauh lebih murah untuk mencegah daripada mengobati kebutaan,” sambung Vallejo.

Sampai sekarang, aplikasi ini masih dalam proses pengembangan dan dalam waktu dekat akan segera dipasarkan dan masuk ke dalam sistem dasar kesehatan di Meksiko.

Nantinya, aplikasi itu akan menjadi salah satu metode yang akan digunakan oleh para dokter umum.
 

Tinggalkan komen