Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

27 Lukisan Selfie Abad ke-17 Bakal Dipamerkan di Belanda

204
Dutch Self Portraits - Selfies from the Golden Age - Pameran Lukisan Belanda
foto : istimewa

Jakartakita.com – Sekitar 27 lukisan dari abad ke-17 yang menunjukan potret diri atau sekarang lebih popular disebut ‘selfie’ akan ditampilkan di Museum Mauritshuis di The Hague, Belanda dalam sebuah pameran bertajuk “Dutch Self Portraits – Selfies from the Golden Age”, Oktober 2015 mendatang.

Ke-27 koleksi lukisan tentang potret diri para pelukis seperti Rembrandt, Jan Steen, Carel Fabritius dan Gerrit Dou dari lukisan-lukisan Masa Keemasan Belanda abad ke-17 tersebut, berniat menunjukkan kepada khalayak bahwa ‘selfie’ sudah dimulai sejak berabad-abad lalu.

Lukisan-lukisan yang ditampilkan sebagian besar pinjaman, yang menampilkan cara seniman menggambarkan diri mereka sendiri, sebagai borjuis kaya raya, pria berorientasi keluarga, pemburu atau pelukis profesional.

Potret diri populer di antara para pelukis Belanda periode itu. Rembrandt sendiri melukis dan menggambar puluhan sepanjang hidupnya, melacak penuaan pemuda jenius percaya diri menjadi pria bungkuk yang kecewa dan bangkrut.

“Namun ada satu hal tidak berubah: fakta bahwa sang kreator potret diri harus memilih seperti apa mereka ingin menampilkan dirinya,” demikian pernyataan museum.

Rencananya pameran akan dibuka pada 8 Oktober mendatang dan akan berlangsung hingga 3 Januari 2016. Demikian dilaporkan kantor berita Reuters, baru-baru ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: