Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Liburan Usai, Pemprov DKI Kembali Operasikan Bus Sekolah

162
bus sekolah dki jakarta
foto : istimewa

Jakartakita.com – Seiring berakhirnya masa liburan panjang Lebaran, anak-anak sekolah di Ibu Kota Jakarta pun mulai kembali masuk sekolah.

Menyikapi hal tersebut, sebanyak 140 unit bus sekolah di wilayah DKI Jakarta pun kembali dioperasikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Senin (27/7/2015).

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansah mengatakan, keberadaan bus sekolah ini masih sangat dibutuhkan untuk mengangkut pelajar. Terutama mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu dan jalur yang tidak dilintasi angkutan umum atau angkutan kota (angkot).

“Bus sekolah ini masih dipertahankan karena sangat dibutuhkan. Terutama untuk antar jemput siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dan mereka yang sekolahnya tidak dilintasi angkutan umum,” kata Andri Yansah, usai melepas 140 bus yang akan beroperasi mengantar jemput pelajar, di Pool Bus Sekolah di kawasan Hek, Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (27/7).

Ratusan bus sekolah ini melayani 23 rute yang terbagi dalam dua jenis, yakni 45 bus sedang yang berfungsi sebagai zonasi atau feeder dan melayani 8 rute serta 95 bus besar melayani 15 rute.

Sebanyak 15 rute dilayani bus sekolah ukuran besar meliputi rute 1 melayani jurusan Lapangan Banteng – Galur – Perintis Kemerdekaan. Ke-2 jurusan Plumpang – Sunter – Kemayoran, ke-3 Gandaria – Hek – TMII, ke-4 Perintis Kemerdekaan – Pulogadung – Pondok Kopi. Kemudian ke-5 jurusan Kampung Melayu – TMII – Ceger, ke-6 Pasar Minggu – Buncit – Kebayoran PTIK, ke-7 Pasar Minggu – Ranco – Lenteng Agung – Universitas Indonesia.

Selanjutnya ke-8 Pasar Minggu – Pancoran – Manggarai, ke-9 Cawang – Plumpang, ke 10 Cilincing – Plumpang – Perintis Kemerdekaan, ke-11 Kampung Melayu – Lapangan Banteng. Sedangkan ke-12, Blok M – Ciledug, ke-13 jurusan Terminal Kalideres – Gajah Mada, ke-14 Pulogadung – Pondok Bambu – Cawang dan ke-15 jurusan Blok M – Pondok Labu.

Sementara untuk bus sedang yang berfungsi untuk zonasi atau feeder (penghubung-red) melayani delapan rute. Masing-masing, jurusan Pondok Gede – Halim – Condet – Ranco. Kemudian jurusan Kampung Melayu – Rawamangun, Kalideres-Kamal, Kalideres – Semanan – Duri Kosambi. Selain itu Pulogadung – Mardani – Paseban, Cawang – Pejaten – Ragunan, Rawamangun – Cikini – Lapangan Banteng dan Lubang Buaya – Dukuh – Kampung Rambutan – Ranco.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: