Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Andrea Hirata Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Ternama di Inggris

112
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Penulis tersohor Andrea Hirata dianugerahi gelar Doktor Kehormatan dari University of Warwick, Coventry, Inggris. Andrea dipilih karena kontribusinya dalam international literature selama delapan tahun terakhir ini.

Andrea pun kaget karena ternyata banyak pihak di luar negeri mengikuti perkembangannya sebagai penulis dan karya-karyanya. Sejauh ini karyanya, novel Laskar Pelangi, telah diterjemahkan ke dalam 34 bahasa asing dan terbit di 130 negara.

Karya-karya Andrea tersebut, termasuk audio book-nya, dipakai secara luas di banyak negara sebagai referensi pendidikan, pembelajaran sastra, dan salah satu referensi yang bahkan dipakai para diplomat untuk belajar tentang Indonesia.

Penghargaan itu diberikan pada Summer Graduation 2015, Universitas Warwick, yang merupakan universitas keenam terbaik di Inggris dan ke-61 terbaik dunia.

“Bagi saya, penghargaan ini bukan hanya penghargaan untuk saya atau karya-karya saya, melainkan juga penghargaan bagi Indonesia. Saya persembahkan juga penghargaan ini bagi para pembaca buku saya dan para penulis muda. Semoga terinspirasi untuk menjangkau pembaca di berbagai belahan dunia dan membawa nama baik Indonesia,” kata Andrea Hirata yang menerima gelar itu di Warwick Art Centre, 13 Juli lalu.

Selain Andrea, pada penganugerahan gelar di Warwick Art Centre 13 Juli lalu,  sutradara terkenal Inggris, Mike Leigh, yang telah tujuh kali dinominasikan dalam Oscar sebagai sutradara terbaik dan pemenang piala Palme D’Or di Festival Film Cannes 1996 untuk filmnya Secret and Lies juga mendapatkan gelar yang sama.

Sebelumnya, ‘Laskar Pelangi’ juga pernah memenangkan BuchAwards 2013 di Jerman dan New York Book Festival 2013.

https://youtu.be/txUlhiVkdX0

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: