Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Realisasi Penyerapan APBD Jakarta Utara Hanya 16,43 Persen

108
ilustrasi anggaran
foto : istimewa

Jakartakita.com – Walikota Jakarta Utara, Rustam Effendi, mengatakan prioritas kerja di pemerintahannya lebih menekankan pada aspek pembenahan infrastruktur terutama yang berkaitan dengan penanganan banjir.

Sebab, pada musim penghujan lalu, sekitar 95 wilayah di Jakarta Utara tergenang dengan ketinggian hingga 150 sentimeter.

“Khusus saluran air dan PHB agar dibersihkan serta diperbaiki. Jalan berlubang harus ditutup agar tidak menyebabkan kecelakaan, sampah benar-benar teratasi, fasilitas sekolah, kesehatan juga ditingkatkan,” ujarnya, baru-baru ini di Jakarta.

Namun sayangnya, realisasi penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di Jakarta Utara hingga saat ini baru mencapai Rp 388, 956 miliar dari total 2,367 triliun atau hanya 16,43 persen.

Hingga akhir Juli 2015 saja, dari di 79 instansi unit kerja perangkat daerah (UKPD) seperti suku dinas, kantor, unit pengelola, badan layanan umum daerah, kecamatan dan kelurahan di Jakarta Utara, penyerapan tertinggi dicapai Kantor Kepegawaian Kota Jakarta Utara. Yang mana, dari total anggaran Rp 1,159,839,508, sudah terserap Rp 671,446,760 atau sekitar 57,89 persen.

Sementara itu, masih minimnya penyerapan anggaran Sudin Perindustrian dan Energi sebesar 0,69 persen atau baru terserap Rp 7,567 miliar lebih dari total anggaran Rp 93,540 miliar lebih menjadi perhatian. Sebab, Rustam menginginkan seluruh jalan di Jakarta Utara sudah diterangi pencahayaan lampu PJU.

“Saya berharap seluruh Sudin segera bergerak. Mereka segera melakukan lelang dan dibuatkan kontrak agar bisa segera merealisasikan program-progamnya,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: