Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Dua Merek Lokal Kuasai Pasar Smartphone Tiongkok ‘Kalahkan’ Apple

83
xiaomi
foto : istimewa

Jakartakita.com – Tiongkok menjadi arena pertarungan yang sesungguhnya bagi brand-brand besar smartphone dunia.

Pasalnya, Tiongkok adalah pasar smartphone terbesar dunia dari sisi pengapalan.

Demikian dikatakan firma analis independen, Canalys, dalam rilis persnya, baru-baru ini.

Namun menariknya, dua produsen smartphone Tiongkok, Xiaomi dan Huawei, menjadi ‘raja’ di negerinya sendiri, dengan menyalip brand raksasa teknologi AS, Apple, yang harus turun ke tempat ketiga, pada triwulan kedua tahun ini.

Xiaomi kini menjadi vendor smartphone terbesar di Tiongkok dalam hal pengapalan dengan menguasai 15,9 persen pangsa pasar priode April-Juni tahun ini.

Tempat kedua ditempati Huawei dengan menguasai 15,7 persen dan baru kemudian disusul Apple, sedangkan Samsung dari Korea Selatan dan Vivo juga dari Tiongkok, menempati urutan keempat dan kelima tanpa diketahui persentase pangsa pasar yang dikuasainya.

“Kompetisi di antara brand-brand besar tidak pernah seintensif sekarang.  Xiaomi menghadapi tekanan hebat dalam mempertahankan posisi puncaknya pada beberapa triwulan ke depan,” kata Wang Jingwen, analis pada Canalys, seperti dilaporkan AFP, Senin (3/8/2015).

Padahal, asal tau saja, penjualan iPhone di Tiongkok termasuk Hong Kong dan Taiwan melonjak 85 persen sehingga pendapatan berlipat ganda menjadi 13 miliar dolar AS untuk triwulan yang berakhir 27 Juni.

“Kami masih sangat bullish (cenderung naik) di Tiongkok dan kami terus berinvestasi,” kata CEO Apple Tim Cook, bulan lalu.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: