Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jakarta Tuan Rumah Aseanapol ke-35

95
aseanapol-logo
foto : istimewa

Jakartakita.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi polisi kawasan ASEAN atau Aseanapol ke-35 yang dilangsungkan di Jakarta selama tanggal 3-7 Agustus 2015.

Kepala Badan Reserse Kriminal Komisaris Jenderal Pol. Budi Gunawan mengungkapkan, konferensi akan membahas isu-isu strategis terkait penegakan hukum serta kerjasama antar polisi di ASEAN.

Dalam kesempatan ini, jelasnya, Polri akan menjadikan Aseanapol sebagai forum pembahasan kinerja dan evaluasi kinerja kepolisian di kawasan Asean.

“Artinya kita mengevaluasi pekerjaan kepolisian. Sebab itu, perlu dijadikan pembahasan dalam pertemuan itu, perlu kerjasama dalam pengungkapan kejahatan,” kata Budi Waseso (Buwas) di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Lebih lanjut dikatakan, salah satu isu strategis yang akan diangkat dalam forum itu adalah proses hukum terhadap warga negara asing yang melakukan tindak pidana di negara-negara Asean.

Ia mencotohkan, pelaku korupsi yang melarikan diri ke Singapura, menyulitkan Polri untuk memeriksanya.

Selain itu akan dibahas pula mengenai upaya pencegahan kasus penyelundupan narkotika dan kejahatan lain di kawasan Asean.

Polri, lanjutnya, menginginkan kepolisian Asean dapat menjalin kerja sama lebih baik untuk membantu proses penegakan hukum ke depannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: